DapoerHN – Sup Ikan Kuah Paprika

Bismillahirrahmanirrahim

 

Dari kemarin aku kan nitip ibu beli ikan di Pasar Ikan Purbalingga sekalian pulang kantor, kangen makan ikan. Akhirnya dibeliin ikan gurameh fillet (sesuai pesananku, hehe) plus kepala-kepalanya.

Pagi tadi ibu nanya, “Itu ikannya nggak dimasak?”

Akunya santai aja karena hari ini lagi males, termasuk males masak.

Sorenya, giliran bapak, “Mau masak sop kepala ikan ya?”

Hadeh, itu nanya atau minta yaaa? Akhirnya karena memang sudah nggak ada lauk di meja (lah ya emang nggak masak, pagi tadi beli makan di Sunday Morning GOR). Akhirnya cek-cek kulkas. Bikin sup ikan kan emang harus ada bahan penopang yang cukup lengkap, kalo ga lengkap gimana mau bikin? Bisa gagal kali ya. Tapi pas ngecek, meski pas-pas-an lumayan lah ada cabe rawit, daun jeruk meski cuma selembar, tomat dan jahe, ini penopang yang lumayan menunjang rasa. Kalau nggak ada, mungkin rasanya kayak sup biasa. Daun kemangi juga kalau bisa ada, pakai belimbing wuluh lebih syedap, tapi lagi nggak ada.

DSC_0485

 

Bahan :

  1. Kepala ikan gurami dan fillet
  2. Bombay 1 buah (potong jadi 4)
  3. Daun bawang (iris panjang, dan irishalus)
  4. Paprika (potong dadu)
  5. Bawang putih keprek 4 buah
  6. Margarin 1 sdm
  7. Tomat 1 buah
  8. Saus tiram 1 sdt
  9. Jahe keprek 3 ruas
  10. Garam, gula, merica bubuk
  11. Cabe rawit (merah atau hijau boleh) utuh 7 biji

Cara :

  1. Siapkan panci, lumerkan margarin
  2. Tumis bawang putih dan bombay
  3. Tuang air sesuai keinginan (aku pakai 1500 ml) tunggu mendidih
  4. Masukkan kepala ikan gurami dan fillet daging (sebaiknya direndam perasan jeruk nipis / lemon + garam supaya mengurangi amis, tapi meskipun tidak jangan khawatir karena jahe juga menghilangkan rasa amisnya)
  5. Beri garam, gula, merica (ini pakai ilmu cocok-cocokan di lidah ya, hehe)
  6. Matangkan ikan
  7. Masukkan tomat, jahe, cabe rawit, saus tiram
  8. Masukkan paprika dan daun bawang
  9. Wanginya asik! Angkat (Bagus lagi taburi bawang goreng)

 

Kandungan gizi paprika

Advertisements

6 thoughts on “DapoerHN – Sup Ikan Kuah Paprika

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s