Kolak Labu

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Suatu saat, temen bilang, “Aku lagi pengen kolak labu.”

Selama ini yang namanya bikin kolak, pasti selalu pake pisang, kalau engga ya ubi rambat yang aku suka banget. Nah, tadi kepikiran pengen bikin kolak. Sebenernya, bulan puasa ini nggak nyukup makan banyak-banyak. Orang 4 di rumah, makannya sekarang dikit-dikit banget. Jadi kalo bikin masakan nggak kayak jaman dulu yang porsi dan jenisnya beraneka rupa.

Untuk puasa kali ini kami milih menu biasa dan sehari-hari. Kalau dulu sering ngabuburit cari makanan, sekarang belom pernah ngabuburit yang pulang-pulang bawa aneka macem makanan. Malah, kayaknya barakah banget, abis sering banget dapet kiriman. Haha. Alhamdulillah. Nah kalo aku masak, kadang yang dibikin seporsi, cuma aku pake setengah porsi. Abis sering jadi penghuni kulkas doang, ya mending nanti dibikin masakan lain aja.

Kembali ke kolak. Pulang kerja tadi, mampir ke pasar terbesar di kota ini. Haha. Sebenernya ini kali pertama belanja ke pasar Wage ini sendirian. Aku nggak hapal lokasi-lokasinya. Tadi aja hampir kesasar, muter-muter cari tempat sayuran.

Jadi, tadi di pasar aku beli waluh atau labu. Harganya 7000, ga mau ditawar. Yaudah, aku ga jago nawar juga. Di dalam pasar beli parutan kelapa seharga 2000. Lainnya sih beli sayuran, karena si adek pengen bikin ricepaper roll.  Terus keinget nggak punya gula jawa.

Sipdeh!

Ketiduran.

Bangun-bangun keingetan harus goreng lauk sama bikin kolak.

Resepnya? Simpel.

 

SONY DSC

Bahan :

  1. Labu potong kotak, secukupnya aja, nggak perlu berlebih.
  2. Kolang-kaling, potong jadi 3 atau 2. Beli di Moro nih kemarin.
  3. Pandan metik di teras, 5 lembar diiket
  4. Kelapa parut > Peras jadi santan sekitar 100 cc
  5. Air 200 cc
  6. Gula jawa (tadi nyisir 2 potong, kurang, jadi mungkin 3 potong)
  7. Gula pasir

Cara :

  1. Gula jawa diberi air sedikit, lelehkan. Saring.
  2. Saringan gula jawa direbus dengan air 200 cc, tambahkan gula pasir sesuai keinginan
  3. Masukkan labu, rebus sampai lunak
  4. Masukkan santan, pandan, kolang-kaling. Rebus sampai matang. Sambil diaduk yaa.
  5. Matang! Sajikan hangat atau dengan es batu.

Enak siih. Tapi masih enakan pake singkong atau ubi jalar, hihi… 😀

Advertisements

6 thoughts on “Kolak Labu

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s