Zucchini Lasagna

Bismillahirrahmanirrahim…

Di instagram banyak banget ni yang masak ini, sering disebut-sebut zuchini-zuchini. Nggak nyangka deh kalo di toko makanan terlengkap di kota ini ada. Bagai nemu harta karun. Jadi pas ke bagian sayur mayur, ada timun, kyuri, dan sejenisnya. Nah, sesuatu itu antara timun atau kyuri atau temennya, aku nggak paham. Cuma kalau dibilang timun dia aneh karena bagian bonggolnya mirip terong, setahuku zucchini itu sejenis terong (ga tau deh dapet ide ini darimana). Nah mau nginget-nginget zucchini aja susah banget ni otak buat loading. Akhirnya cari di IG.

“Mbak! Ini apaan ya?” aku tanya si mbak-nya, memastikan.

“SUKINI mbak.”

Oh yes. Sukini pasti bahasa jawanya deh, hahha. Yes! Bungkus sebiji buat uji coba. Harganya 6000an gitu sebiji. Ih mihil. Ini penampakannya si Zu.

 

Pas posting di IG, teh wi kasi resep bayangan kalo ni sayur bisa dibikin lasagna. Ohyes, aku juga inget ada yang pernah posting. Di otakku cuman spageti zucchini, tapi alat buat bikin pasta zucca aja aku ga punya. Akhirnya hari ini mulai nguprek dapur sejak jam 4 sore. Setelah semua masakan kelar, garap ni lasagna. Tau ga sih, aku sendiri nggak pernah makan lasagna. ASLI. Karena aku nggak yakin bakal suka, karena emang nggak terlalu suka makanan begituan. Bayangannya ya rasanya mirip sama spageti lah, dengan rasa mozzarella dan keju yang meraja. Sotoy kan.

Nah, buat bikin veggie lasagna ini aku rada bingung juga. Resep di google nggak sesuai sama isi kulkas, ya emang ga pengen nyiapin bahan-bahan sih, seadanya. Keju aja ngabisin keju entah kapan hehe. Cekidot deh, yang jelas udah lewatin tester 4 mulut yang bilang, “Saya sih yes.” Sengaja cuma bikin 1 yang beneran, dan 1 yang uji coba. Karena ini percobaan dan ngga bisa nyicip, jadi cuma bikin sedikit. Selain takut nggak kemakan karena perut udah penuh sama nasi.

SONY DSC

Bahan :

  1. Zucchini (setengah potong) iris tipis
  2. Keju cheddar dan quick melt, parut
  3. Tomat slice dan cincang
  4. Wortel cincang
  5. Bombay cincang
  6. Paprika dadu
  7. Oregano
  8. Telur rebus dan telur kocok
  9. Tepung
  10. Timun slice
  11. Garlic cincang
  12. Minyak
  13. Saus tomat
  14. Lada hitam bubuk
  15. Kentang tumbuk (memanfaatkan bahan perkedel)
  16. Ayam rebus suwir (memanfaatkan yang ada juga, bahan sop haha)

step

Cara :

  1. Zucchini slice kita panggang di teflon, pakai minyak kedelai, sisihkan
  2. Tumis bawang putih, bombay, wortel, paprika, ayam, kentang tumbuk, beri garam, oregano, bubuk lada hitam, saus tomat, sisihkan
  3. Susun zucchini sebagai lasagna, dan isian di atas untuk menyatukan, kadang sisipi dengan slice tomat, timun, telur. Aku pakai wadah aluminium foil
  4. Campur telur kocok secukupnya dengan tepung sedikit saja, yang penting masih encer. Siram ke wadah. Tutup bagian atas dengan zucchini. Taburi keju melt/ mozzarella (aku mah pake campur, makanya agak gosong cheddarnya)
  5. Panggang di oven 5 menit
  6. Sajikan saat berbuka

Kalau nggak disetop, sewadah itu bisa abis sama adek. Jadi aku cuma kebagian pojokannya doang si. Haha. Tapi lumayan, karena kalau kebanyakan juga pasti kekenyangan. Orang puasa mah perutnya ciut, nggak bakal bisa nelen banyak-banyak. Makanya agak males masak aneh-aneh karena perut ga bakal cukuuupp.

SONY DSC

versi uji coba tanpa adonan telur + tepung sebagai perekat

versi uji coba tanpa adonan telur + tepung sebagai perekat

See?

Mudah kah? Silakan mencobaaa.

  1. Nutrition Facts
    ZucchiniZucchini, babyZucchini, boiledZucchini

    Amount Per 1 slice (9.9 g)100 grams1 cup, sliced (113 g)1 small (118 g)1 cup, chopped (124 g)1 medium (196 g)1 large (323 g)100 grams

    Calories 17
  2. % Daily Value*
    Total Fat 0.3 g 0%
    Saturated fat 0.1 g 0%
    Polyunsaturated fat 0.1 g
    Monounsaturated fat 0 g
    Trans fat 0 g
    Cholesterol 0 mg 0%
    Sodium 8 mg 0%
    Potassium 261 mg 7%
    Total Carbohydrate 3.1 g 1%
    Dietary fiber 1 g 4%
    Sugar 2.5 g
    Protein 1.2 g 2%
    Vitamin A 4% Vitamin C 29%
    Calcium 1% Iron 2%
    Vitamin D 0% Vitamin B-6 10%
    Vitamin B-12 0% Magnesium 4%
    *Per cent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs.
Feedback

Sources include: USDA via wikipedia

Advertisements

12 thoughts on “Zucchini Lasagna

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s