Operasi Pencabutan Gigi

Bismillahirrahmanirrahim…

Masih ingat cerita tentang #gigigenit ini ? Akhirnya, karena selama 2 hari belakangan mulai cenat-cenut ditambah migrain di kepala bagian kanan, aku memutuskan untuk pergi ke drg. Spesialis Bedah Mulut yang ada di kota ini.

Agak nggak pede juga karena bermodalkan foto gigi rontgent jadul, di saat jaman sekarang bagusnya mah pake jenis panoramic yang keliatan semua gigi. Tapi orang udah terlanjuuurrr. Inilah gara-gara males ke RS cuma buat foto.

Akhirnya bakda shalat magrib aku ditemenin bapak, cao ke klinik pribadi sang dokter. Sudah ada sepasang sepatu di sana. Artinya ada pasien di dalam. Alhamdulillah doaku terkabul, yang antri nggak banyak. Satu jam menunggu sampai berkerak, akhirnya masuk… Sang dokter melihat foto dengan kecewa, “Sarafnya nggak kelihatan, ini. Besok lagi ya operasinya, sekarang foto dulu panoramic. Besok jam 5 kita operasi, makan dan istirahat cukup ya.” Setelah nanya biaya, aku pun gontai keluar kamar praktek, hihi. Langsung capcus ke Klinik Gigi Denta Medica, di sana aku foto panoramic.

Perlu 2 kali jepret karena yang pertama nggak oke, cuma keluar gambar separo. Jadi di dalem kita pake apron untuk pelindung radiasi, lumayan berat. Lalu saat proses foto kita suruh gigit alat supaya mulut ga mangap-mangap. Begitu operator keluar ruangan, kita suruh merem sampe dibolehin buka.

Hasilnya nggak oke, karena dicetaknya di kertas foto, bukan film gitu.

Besoknya, setelah cukup makan dan tidur, aku pun kembali ngapelin Pak Dokter. Pengunjung pertama, yey!

drg : gimana? fit?

aku : pelanga-pelongo. *pendengaranku rada ga oke kayanya deh

Ditanyain bolak-balik. Dan aku sering nanya, ya dok? Gimana dok?

aku : oh.. fit insyaAllah, cuma agak terkilir Dok. *salah guweee.. bangun tidur ngulet, terus urat leher kiri terkilir, sampe harus dianter ke Puskesmas, dipikir siangnya sembuh, nggak juga sampe sore. Sampe minum muscle relaxant demi operasi berjalan lancar (ngebayangin kalo operasi terus ga bisa noleh-noleh, bisa dibatalin operasinya kan..

drg : kalau luka cepet sembuh ya?

aku : *plonga-plongo lagi karena kurang konsen lagi* oh iya dok,

drg : baik, kita mulai ya.. risiko terburuk kalau kena saraf V nanti bakal berakibat selamanya.. (bikin keder banget iniih) terus kalau nanti akarnya ada yang patah terus ketinggalan saya tinggalin aja ya.. takut berisiko

aku : oke dok *mulai serem

Disodori informed consent. Dibaca bener-bener. Tapi ya namanya kertas persetujuan tindakan, pastinya untuk melindungi dokter yaa.. Bikin keder sama takut juga sih…

Setelah itu, diawali dengan basmalah, sekitar 1,5 ampul lidokain (atau apalah yang jelas obat bius) disuntikkan ke gusi. Baru pernah kan dibius bagian gigi. Rasanya separo lidah sama bibir, tebel, baal. Kayak punya bibir ikan. Mangap hampir setengah jam lebih. Dibor, diongkek-ongkek. Nyeri. Selesai! Jahit-jahit… Beres. Selamat tinggal gigi keberuntungan kanan bawah..

Alhamdulillaaaah…

Dengan mulut rasa betadine dan tampon yang nyumpel di bekas jahitan, aku keluar. Diberi instruksi khusus, lalu cao ke apotek beli antibiotik, analgetik, dan anti inflamasi.

Gusi mulai bengkak. Pipi bagai bakpau tapi cuma sebelah. Makan malam pake bubur seadanya, bubur kornet brokoli. Perut kenyang, obat oke, darah berhenti. Bobo nyenyak, alhamdulillah…

Bangun tidur, bengkak makin gede. Males mangap. Alhamdulillah ‘ala kulli haal.. Laa ba’sa thahuurun insya Allah… Allahumma afiini fi badani.. 

Semoga besok udah kempes, karena tugas meriksa pasien sudah menanti 🙂 GWVVVVS, me…

*ngeliat orang makan cireng, enak banget, sabar…

1-2 gigi genit | 3 apron | alat rontgent. | pipi bakpau | bubur ayam brokoli telur

gigi genit |  apron | alat rontgent. | pipi bakpau | bubur ayam brokoli telur

Advertisements

16 thoughts on “Operasi Pencabutan Gigi

  1. Hadooooooh takutnya, takuuuuttt. Dulu ke dokter gigi cuma cabut gigi doang, abis itu trauma karena suntikan bius di gusi-nya suakiiiittt sekali.
    Puk puk puk, cepat sembuh yaaa mbak.. La’basa thohuruun InsyaAllah.

  2. Mbak Filly…. ngiluuuuu 😥
    dulu pernah sih mbak pas kecil d bius gusi gara2 mau cabut gigi y kelebihan (?)…sakiitt
    duh ga bayangin deh operasi mbaknya… apalagi habis operasi… lihat bengkaknya kyk gt 😦
    pdhl tumbuh gigi gerham aja ud nyut nyut + susah makan apalagi ini abis d operasi..
    GWS ya mbakk 🙂

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s