Lumpia Cakalang

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Ups. Maaf ya buat yang lagi shaum, siapa tahu bisa buat ide buka nanti, heheh. Tiba-tiba pengen bikin sesuatu, terbitlah ide lumpia ini. Sebenernya pengen bikin isian ayam, tapi si abang sayur ngga jualan ayam. Akhirnya pakai cakalang asap oleh-oleh Bapak dari Ternate kemarin itu (belum abis jugaa).

Aku tuh ya kalo masak eksperimental suka bingung, masak terlalu banyak nggak ada yang makan :’) . Makanya untuk baking jarang banget deh, kami sekeluarga agak kurang suka jenis cake-tart dll gitu.. kalau bikin pie apel aja butuh waktu berhari-hari ngabisin. Nahlo. Mau dimodif resepnya, suka jadi gagal malahan. Yasudah, jarang lah baking. Kalau bikin makanan pun sebisa mungkin nggak terlalu banyak, takut jadi mumi di kulkas saking nggak dimakan-makan. Jadi kali ini bikin secukupnya.

Cekidot ya resep simpel kali ini!

Bahan:

  1. Kulit lumpia
  2. Wortel 1 buah potong korek api
  3. Telur 1 butih, kocok halus
  4. Tauge segenggam
  5. Cakalang asap suwir dagingnya, cukup bagian ekor
  6. Daun bawang, iris
  7. Bawang putih 2 butir, keprek, cincang
  8. Bawang bombay cincang
  9. Minyak ikan
  10. Kecap manis
  11. Garam
  12. Merica

Cara:

  1. Tumis telur, orak-arik, sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi
  3. Masukkan irisan wortel dan cakalang suwir
  4. Beri garam, minyak ikan, merica, secukupnya
  5. Masukkan tauge dan daun bawang
  6. Masukkan kecap manis secukupnya
  7. Isikan pada kulit lumpia (taruh sesendok isian di tepi, lipat, lipat dulu bagian kanan dan kiri kulit, lalu gulung sampai habis, kunci dengan kuning/putih telur)
  8. Goreng, sajikan, nikmati!

SONY DSC

NB : Ini kulit lumpianya udah agak kering, dari penjualnya, jadi agak bolong-bolong.  Kalo kata khadimat, ada tukang yang jual kulit masih basah tapi kebanyakan sore hari, boleh juga tuh dicoba.

Advertisements

14 thoughts on “Lumpia Cakalang

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s