Papeda & Ikan Cakalang Kuah Kuning

Bismillahirrahmanirrahim..

SONY DSC

“Coba bikin papeda.” Kata Bapak waktu aku masak cakalang bumbu kuning kemarin-kemarin itu. Rupanya si Bapak terngiang waktu di Ternate kemarin makan papeda pakai ikan kuah kuning.

Hari ini sebenernya ada rencana makan di luar, jarang-jarang kami sekeluarga makan di luar. Tapi pas sore tadi tiba-tiba kepikiran pengen bikin papeda, pas bahannya ada semua di rumah nggak perlu beli. Tapi ini sudah pasti menggagalkan rencana makan di luar, haha, yasudah makan di luar lain kali mumpung lagi semangat masak. Jam 5 sore kurang mulai masak.

Pas juga si Ibuk bilang, “Itu cakalang (asap)nya diabisin buruan, udah lama (di kulkas).

Pas bener, aku juga lagi niat. Searching resep sebenarnya, karena nggak punya sagu, punyanya Tepung Tapioka Sagu Tani. Ada resepnya!

Ngubek-ubek lemari cari santan, yahh ga ada.. yaudah pake kemiri aja dah. Ternyata di resep memang nggak pakai santan, ahseek. Minta Ibu metikin kemangi di halaman, hihi. Kemangi ini nggak tahu tumbuh dari mana. Dulu sih suka nyebar biji kemangi tapi nggak tumbuh juga, eh nggak ditunggu malah tumbuh. Seneng bangeeet.

Aku pakai resep dari sini nih… 

RESEP IKAN KUAH KUNING

Bahan :

  1. Ikan cakalang asap, potong 4 bagian (bisa diganti ikan kembung atau tongkol)
  2. Daun kemangi
  3. 1 buah cabai merah iris memanjang
  4. 3 buah bawang merah + 2 buah bawang putih + cabai rawit merah 2 buah + 3 butir kemiri + kacang kenari secukupnya (pas ada oleh-oleh Ternate juga) + 1 ruas jahe + 1 ruas kunyit + garam + gula >> haluskan
  5. cabai rawit hijau utuh semaunya
  6. salam
  7. sereh geprek (ga pake, ga ada)
  8. tomat merah (ga pake juga)

Cara :

  1. Tumis bumbu halus sampai wangi
  2. Tuang air kurleb 500 cc > didihkan
  3. Masukkan ikan cakalang
  4. Masukkan cabai merah iris, cabai rawit hijau, salam, sereh & tomat (kalau ada)
  5. Tunggu meresap
  6. Tambahkan daun kemangi
  7. Angkat, sajikan

RESEP PAPEDA

Bahan :

  1. Tepung Tapioka Sagu Tani 100 g
  2. Air 1000 cc
  3. Garam
  4. Gula

Cara :

  1. Tepung tapioka diencerkan dengan 300 cc air biasa sampai rata (sambil ngerebus 700 cc air)
  2. Beri garam gula
  3. Tuang 700 cc air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk
  4. Kalau warna masih putih, aduk terus sambil dipanaskan di api kecil sambil terus diaduk hingga berwarna bening (lumayan pegel nih bagian inih)
  5. Setelah bening merata, siap disajikan
SONY DSC

Ikan Cakalang Kuah Kuning

SONY DSC

Dengan Papeda

Kalo kata Bapak, ini mirrrrippp banget rasanya sama yang asli. Hihi.. seneng deh.. Btw ini buat hadiah milad Bapake yaaa ^^ Love u Pak!

SONY DSC

Advertisements

2 thoughts on “Papeda & Ikan Cakalang Kuah Kuning

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s