Yakimeshi Sushi Roll

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Ups. Bener nggak yah itu nama makanannya? Soalnya, sushi yang kali ini kubuat berbahan nasi goreng. Yak, yakimeshi kan nasi goreng-nya orang Jepang 😀 Semalam si adek bikin nasi goreng lumayan banyak, alhasil masih nyisa. Jadi pagi ini, aku bikinin sushi buat dia. Karena nggak ada lauknya, bikin tamagoyaki (telur gulung ala Jepang) bayam deh.

Dan, tahu nggak, ini adalah sushi tercantik yang pernah kubuat. Mungkin karena nasi goreng-nya yang sedikit berminyak dan basah. Juga karena pisau yang kupakai, selama ini aku adalah pengguna pisau bergerigi yang nggak mudah melukai tangan. Nah kali ini ada pisau tajam untuk motong sushi, jadi lebih rapi.

Cara bikinnya pasti sudah banyak ada di google, tapi aku catat di sini yaa ^^

Sushi Roll 

Bentangkan selembar nori kering, ratakan nasi goreng di tengah-tengah nori.  Mulailah dari 3 cm tepi bawah, jadi hanya ada lembaran nori di 3 cm tepi bawah dan sekitar 7 cm tepi atas. Sementara untuk tepi kanan dan kiri semua terisi nasi goreng. Ketinggian nasi goreng sekitar 1/2 cm saja supaya tidak terlalu tebal. Letakkan potongan tamagoyaki secara membujur dari ujung kiri ke kanan, untuk isian. Boleh juga ditambah timun atau apokat.

Gulung dari bawah ke atas. Tidak perlu pakai plastik atau bambu penggulung lho 😀 Punya sih, tapi ternyata nggak pakai juga bisa. Nori-nya pakai Roasted Nori Sushinori 100% natural. Setelah itu potong dengan pisau rata yang tajam.

SONY DSC

Tamagoyaki Bayam

Tutorial membuat tamagoyaki ini sudah banyak tersedia. Biasanya aku buat tamagoyaki polos. Pakai teflon untuk memudahkan. Pakai minyak sedikit saja untuk aroma. Kali ini karena pas ada bayam, aku taruh bayam begitu kocokan telur aku tuang. Lalu gulung perlahan. Untuk lebih merekatnya, bagian daun bayam kita tusuk-tusuk kecil saja supaya telur yang belum matang keluar dan menjadi rekat pada gulungan. Oya, supaya lebih gemuk, boleh pakai 2 telur. Karena aku cuma punya 1 telur ayam, hasilnya kempes begitu deh.. hihi…

Jadi, meski ada makanan sisa, kita bisa bikin jadi menu lain.. Ya kaaan 😀

Advertisements

8 thoughts on “Yakimeshi Sushi Roll

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s