Visit Purwokerto

Bismillahirrahmanirrahim..

Iseng-iseng, siapa tahu ada yang punya tujuan Purwokerto dan sama sekali nggak punya gambaran kota ini. Bahkan mungkin ada yang menyangka Purwokerto sama dengan Purwakarta. Atau menyangka letaknya di Jawa Timur.

Sejak umur 1 tahun – 25 tahun aku hanya berkutat di kota ini, meski begitu nggak tahu-tahu amat juga karena aku arum (anak rumahan). Dulu pas sekolah, mentok-mentok mainnya ke toko buku dan alat tulis, belanja alat tulis lucu tuh bahagia aja. Hahaha. Kalo engga main ke rumah temen, seringnya sih rumahnya di-main-in karena nggak jauh-jauh amat dari rumah. Jadi, tulisan di bawah ini buat yang buta banget soal Purwokerto.

Cerita tentang Purwokerto.

Bisa naik apa saja ke sini? Ada banyak kereta yang sepertinya selalu lewat sini, terutama Jakarta-Jawa Timur. Jadi kamu dari Jakarta, Semarang, Cirebon, Surabaya, Madiun, Solo, Tegal, Yogyakarta, dll bisa naik kereta untuk pilihan awal. Stasiun kereta ini termasuk besar, dan ada di tengah kota. Bus sudah pasti, apalagi Terminal yang sudah lebih tertata daripada dahulu. Naik pesawat, bisa, tapi bandara (kecil)nya di Kota sebelah, jadi masih tetap harus jalan darat ke sini.

Penginapan. Banyak sekali penginapan di kota ini, karena aku anak sini jadi untuk rate memang kurang paham. Dari sekian banyak, kalian bisa pilih hotel di kota atau di Baturraden (di kaki gunung Slamet) atau dekat dengan Rumah Sakit Umum Daerah Tipe B Margono Soekarjo. Karena kota ini kecil, simpel aja kalau mau kemana-mana kok. Homestay ada, vila ada, guest house juga ada. Hotel paling bagus di sini : Aston (pusat kota, dekat pusat kuliner, UNSOED, RS Elizabeth, RS Wijaya Kusuma), Horrison (dekat Aston), Santika (dekat Terminal, lebih jauh dari pusat kota), dengan harga rata-rata di atas 700K kurang lebih. Untuk hotel yang sedang, tapi pelayanan oke, bisa dicoba hotel Wisata Niaga, 1 kamar sekitar 250K. Di Baturraden lebih banyak lagi pilihan hotel dan homestay, tapi cukup jauh dari kota. Cek penginapan. 

Ingin ke Baturraden? Baturraden ini tempat wisata di kaki gunung Slamet, jaraknya sekitar 15 km dari kota Purwokerto. Hanya lurus ke arah utara, bisa langsung ketemu gerbangnya. Naik angkutan kota, taksi, bisa. Isinya? Hutan, jelas. Air terjun, Pancuran, Air belerang, Mandi belerang/air panas, Telaga, Peternakan sapi, dll. Pilihlah waktu selain musim hujan, karena kurang asyik kalau harus pakai payung jalan-jalannya. Baturraden Adventure Forest untuk yang tertantang main flying fox dll. Paintball di jalan raya Baturraden). Makanan di tempat wisata ini macam-macam, untuk di lingkungan wisata, nikmatilah Pecel + Mendoan hangat + Sate ayam/kelinci + Susu sapi murni. Harga masih wajar. Cek Baturraden.

 

Museum. Museum BRI (dekat stasiun). Museum Jenderal Soedirman. Suka sejarah? Ingin tahu uang kuno, brankas kuno, di sini tempatnya. Tepat di seberang BRI. Di dekat sini ada soto legendaris, soto jalan Bank, soto Sungeb. Nikmati soto ayam dengan kuah khas soto Sokaraja.

Mau makan di mana? Ada lokasi strategis untuk wisata kuliner. Daerah GOR Satria. Pagi hari banyak warung tenda aneka makanan, dari bubur ayam, opor, soto lamongan, empal gentong, serabi khas Purwokerto, gudeg banyumas, dll. Banyak pula resto, mulai dari Sop Ayam Pak Min, Bebek H. Slamet, Nasi uduk Jakarta, Es Duren Legendaris, Ramen, Donat Eigo, Donat Madu, Omah Kerang. Malamnya pun banyak lapak, mulai dari seafood, nasi goreng, canai, teh tarik, roti maryam, jagung bakar, angkringan. Atau bisa ke daerah Kampus UNSOED, banyak pilihan makanan.

Bakso terkenal : Bakso Pekih, Bakso Cuangky dan Siomay Wahyuningsari, Bakso Kuningsari (Bakso bola tenis), Bakso Pak Kardi (Jl. Karang kobar)

Soto terkenal : Soto Sokaraja (Soto Lama, Soto Kecik), Soto Sutri (Dagingnya guede), Soto Jalan Bank, Soto Pak No (Semarangan)

Nasgor terkenal : Nasi goreng witosari, nasi goreng nylekito

Taman. Balai Kemambang, Andhang Pangrenan, Alun-alun Purwokerto.

Oleh-oleh. Pergi saja ke daerah Sawangan, di sana banyak pusat oleh-oleh. Bisa beli Mendoan baik matang maupun mentah, dengan tepung dan kecap khasnya. Getuk khas Sokaraja, keripik tempe, mino/nopia. Itu makanan khas kami. Ini yang dekat kota ya. Kalau yang sudah agak di pinggiran, untuk wisatawan yang ke arah Yogyakarta bisa beli di Sokaraja. Di sana ada pusat oleh-oleh terutama Getuk Asli H. Tohirin.

Angkutan kota di sini hanya sampai jam 5 sore, selebihnya bisa pakai becak atau taksi. Taksi yang mangkal di stasiun, taksi koprimka (kuning), Satria Mas . Menurutku pribadi, untuk taksi peringkat pertama dipegang taksi Kobata (Biru) kedua baru Koprimka (Kuning) dari segi pelayanan. Untuk tarif masing-masing sama-sama argo. Nomor telepon taksi : Kobata (0281) 642440 – 642441, Koprimka : (0281) 622666, Satria Mas : (0281) 7668400.

Dekat pantai. Dekat gunung. Dekat sungai. 

Ingin sekalian ke pantai? Cilacap hanya 2 jam perjalanan, banyak pantai yang bisa didatangi. Ada benteng pendem, nusakambangan juga. Beberapa yang kukunjungi.

Ingin ke gunung? Negeri di atas awan, Dieng. Hanya 3 jam perjalanan untuk ke Wonosobo.

Ingin ke sungai? Arung jeram ada di Banjarnegara. Mengarungi Serayu dengan berbagai jarak. Hanya 2 jam perjalanan.

Waterboom? 1 jam ke Owabong, Purbalingga. 1 jam untuk menikmati Arapaima Gigas, ikan amazon di river world Purbasari. Kolam renang Walik, nikmati kesegaran air langsung dari gunung. Museum serangga. Semua di Purbalingga, 1 jam dari Purwokerto.

Backpacker Purwokerto

 

Photo by Kinjeng Aerialcam. 

 

 

Advertisements

15 thoughts on “Visit Purwokerto

  1. Aq baru tau kalau porwekerto itu ga sama dengan purwakarta waktu baca postingan blog salah satu penulis sekitar sebulan yg lalu 😀 barusan aq tanya suami, ternyata dia juga mengira porwekerto sama dengan purwakarta 😀

  2. Wow jadi merindu sama kota ini. Dari kecil aku sering mampir ke PWT setiap lebaran, lebih sering ke Sokaraja sih. Apalagi sekarang setelah adiknya mbah meninggal, jadi lebih jarang kesana. I Love Tempe Mendoan, hihihi dan pengen banget ke Baturaden..

  3. Oalah Purwokerto ya,, dekat kampungku itu, kampungku ngelewatin kali Serayu. Purwokerto emang kota kecil yang hebat lah pokoke, damai, tenang, banyak kenangan hehe

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s