Soto Ayam Kuah Kuning

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Bingung kan sama judul resepnya? Ya lah aku juga bingung. Ini mau bikin soto lamongan, atau soto semarang, aku aja nggak paham. Hehe. Berbekal resep dari khadimat, aku bikin soto ini. Yang jelas hasilnya enak dan bisa dimakan, haha. Diusahakan cuma pakai minyak baru sesedikit mungkin, dan no msg. Kalau yang rasanya menggugah dan enak bangetngetnget kayak di warung-warung, mungkin karena minyaknya cukup banyak jadi buat ngeluarin rasa dari bumbu, dan msg tentu buat kuah kaldunya.

the recipe!

Bahan :

  1. Ayam bagian dada
  2. Tauge, rendam air panas
  3. Sohun, rendam air panas
  4. Kubis, iris
  5. Tomat, potong kecil
  6. Bawang merah/putih goreng

Bumbu :

  1. Bawang bombay seperempat, iris
  2. Bawang putih 3 btr, Jahe 1 ruas, keprek
  3. Kunyit 2 ruas, bakar, kupas kulitnya, keprek
  4. Kemiri 2 butir, haluskan
  5. Merica bubuk
  6. Pala bubuk atau butir diulek kasar (sedikit saja)
  7. Daun jeruk (kalau ada, aku nggak pakai)
  8. Lengkuas, iris
  9. Daun Salam 4 lembar
  10. Sereh keprek 2 buah
  11. Garam, gula, minyak
  12. Daun bawang, iris
  13. Cabai merah + rawit merah

Cara membuat :

  1. Rebus ayam yang sudah dicuci bersih, buang busa-busa yang mengapung di air
  2. Tumis : bombay + kemiri halus + bawput keprek + jahe keprek + kunyit keprek dalam 1 sdm minyak panas
  3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam,
  4. Tambahkan lengkuas, daun salam, sereh, daun jeruk
  5. Beri garam, gula, merica, pala (ini biasa deh, pake feeling.. koreksi, koreksi)
  6. Angkat ayam yang sudah matang, suwir-suwir, masukkan lagi ke kuah (sengaja, nggak digoreng ayamnya)
  7. Sudah dicicip? Masukkan daun bawang iris, angkat..
  8. Tata tauge, sohun, kubis, tomat, daun bawang, tuang kuah + ayam suwir, taburi bawang goreng, beri sambal..
  9. Mau tambahin nasi, telur rebus, emping, kecrutin jeruk nipis, lebih lazizzzz 🙂
  10. Selamat menikmati!

Sambal :

  1. Rebus cabai merah dan rawit merah
  2. Ulek, beri garam sedikit, sudah deh..
SONY DSC

Siap disajikan

SONY DSC

 

Pakai nasi merah putih

Pakai nasi merah putih

Tuang kuahnya, pakai sambal, bawang goreng

Tuang kuahnya, pakai sambal, bawang goreng

SONY DSC

Salam dari dapoer HN ^^

Advertisements

13 thoughts on “Soto Ayam Kuah Kuning

  1. ya ampun… trus makan sotonya kudu pake sambel banyak + ditemani secangkir kopi hitam
    aaaaah *ngiler
    biasanya kl d rumah kanjeng mami suka bikin soti kyk gini mba.. tp kadang d tambhn santen juga..keke
    duh jd laper bngt 😦

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s