Gulai Cumi

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

2 minggu lalu, ibu beli cumi-cumi super gede. Mm sebenernya waktu itu agak bingung ngebedain itu cumi atau sotong karena ukurannya besar. Tapi sepertinya ini fix cumi-cumi karena dia bulat nggak pipih. Nah karena awalnya disangka sotong, pengen bikin makanan kayak yang dibawa si adek waktu dari Tiongkok, semacam dendeng sotong kering. Dibumbuin apaan nggak tahu sama ibu, kayak bumbu bacem sambil direbus. Empuk banget memang, tapi sekali aja disajikan di meja makan abis itu disimpen kulkas terus. Padahal bau amisnya itu menuh-menuhin kulkas. Bikin lagi deh makanan dari leftover ^^

Tahu kandungan kolesterol cumi-cumi? 1170 mg per 10 g bahan masih di bawah kuning telur siih, tapi jangan banyak-banyak ya. Cumi ini juga mengandung vitamin A, D, E, K dan asam folat 🙂

Nahh, karena nggak kunjung habis, akhirnya aku minta tuh cumi-cumi dibersihin supaya bumbunya ilang dan tintanya berkurang. Hari ini baru kesampean masak tu cumi karena kemaren abis puasa. Awalnya mau bikin cumi saus tiram atau saus padang yang gampang. Tapi rasanya ni cumi raksasa kurang mantap kalo cuma dibikin begitu doang, enakan yang segar kan. Akhirnya bikin gulai cumi ala RM Padang gitu. Dengan bumbu yang tersedia di rumah, karena nyari yang kurangnya di tukang sayur ga ada jugaa…

Resepnya nyontek sini nih..

Bahan :

  1. Cumi (bagusnya sih segar, dan utuhan kalau pengen kayak aslinya)
  2. Minyak
  3. Santan kara (ga nemu santan biasa, tadi)
  4. Bw bombay (buat aroma aja)
  5. Cabe rawit merah 2 bh
  6. Asam jawa
  7. Daun jeruk (cuma nemu selembar)
  8. Sereh 2 (geprek)
  9. Jahe 1 ruas geprek
  10. Garam gula

Bumbu halus :

  1. Bawang merah 4 butir
  2. Bw putih 3 butir
  3. Cabe merah 2 bh
  4. Cabe rawit merah 1 bh
  5. Kunyit 3 cm, bakar
  6. Kemiri 2,5 butir

Cara memasak :

  1. Tumis bumbu halus + bombay dengan minyak baru, sampai wangi
  2. Masukkan jahe, sereh, asam, daun jeruk, rawit merah
  3. Masukkan santan secukupnya (encerkan dengan air) dan cumi-cumi
  4. Tunggu bumbu meresap dan kuah mengental
  5. Angkat, sajikan.. Boleh taburi bawang goreng
  6. Syedaaap syedaap?

SONY DSC

 

SONY DSC

Abaikan foodography yang nggak cantik yaa, haha.. sekadar dokumentasi aja sih.

 

Selamat mencoba 🙂

Dapoer HN

Advertisements

3 thoughts on “Gulai Cumi

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s