Xihongshi Chao Jidan (Chinese Stir-fried Tomato and Eggs) with Udon

Bismillahirrahmanirrahim

by #kamerahpgw

by #kamerahpgw

“Ada tomat ga?”

“Ada.”

“Telor ada ya.”

“Ada.”

Tiba-tiba si adek nanya begitu. Mau ngapain emang? Ternyata mau bikin masakan yang dulu dia makan di Tiongkok. Namanya seperti yang disebut di atas.. Xihongshi Chao Jidan. Makanan itu dia makan di kantin, tapi dalam bentuk mie yang disiram si orak-arik telur tomat yang berkuah gitu. Makanya dia mau coba bikin. Secara mie yang ada di lemari adalah mie udon kering gitu, makanya dia buat pakai itu.

Untuk resep tanpa kuah bisa dilihat di sini.

Resep dengan kuah.

Nah, berhubung di adek ga sabaran, mie udon yang dia bikin itu belum al dente.. Menurutku masih agak kurang matang, jadi aku rebus lagi ditambah kuah dan sayur-mayur untuk nambah-nambah vitamin.

Resepnya mudah bangett lhoo…

Bahan :

  1. Telur 2 butir
  2. 1 buah bawang putih, keprek
  3.  2 ruas jahe, keprek
  4. 2 buah tomat, potong
  5. garam, merica, gula
  6. minyak untuk menumis

Pelengkap yang aku pakai :

  1. Brokoli, potong sesuai kuntum, rendam air garam
  2. Kubis, iris halus
  3. Lentre / Jagung muda
  4. Daun bawang, iris halus
  5. Saus tiram
  6. Saus tomat dan cabai
  7. Tepung maizena, encerkan

Cara :

  1. Siapkan wajan, tuangkan kocokan telur yang dikocok sampai berbusa, beri garam dan merica, tunggu sekitar 30 – 60 detik, lalu orak-arik.. sisihkan
  2. Tumis bawang putih sampai wangi, masukkan tomat, tunggu melunak
  3. Taburi gula pasir (aslinya, setelah ini tinggal campur telur, lalu angkat) tapi aku bikin kuah, jadi ditambah air semaunya..
  4. Aku tambahin saus tiram, saus tomat dan cabai, masukkan udon ke dalam kuah tomat, masukkan juga sayur-mayur, kalau aku nggak nunggu matang banget… setengah matang, masukkan udon, stir.. aduk-aduk supaya agak meresap..
  5. Beri tepung maizena cair untuk mengentalkan kuah (nggak juga nggak papa)
  6. Angkat, sajikan!

Karena tomatnya nggak banyak dan bukan tomat yang merah sempurna, jadi aku kasi saus sedikit… aslinya sih kalau tomatnya banyak pasti lebih seger. Telurnya juga dibanyakin, tapi ini mah masak secukupnya aja, dan rasanya enyak 😀

Selamat mencoba di dapurmu ^^

Salam,

Dapoer HN

Advertisements

13 thoughts on “Xihongshi Chao Jidan (Chinese Stir-fried Tomato and Eggs) with Udon

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s