Combro

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

 

 

 

Masih ada 2 bonggol besar singkong hasil oleh-oleh dari ibu mertua. Aduh, bingungnyaa… Diapain yaa? Pengen bikin mata roda, tapi ngebayangin prosesnya yang lumayan ribet, letoy lagi semangat. Mau bikin lemet, sama aja, males bersih-bersih daun pisang (emang pemalaas bangeet ya!). Akhirnya bikin combro aja. Comro atau combro (di banyumas si medoknya ini) sering disebut oncom ing jero artinya oncom di dalam. Tapi seringnya di kota ini, isinya bukan oncom (yang oranye itu) melainkan dage (dage ini ampas kopra, warnanya kehitaman).

Bikinnya hampir 2 jam, sampe ngegorengnya, hihi. Lamanya di mananya? Marutnya, kakaaak! Cuma sebonggol aja yang dibikin, marutnya lama banget. Sampe tangan keparut-parut. Mari kita simak, ini aku bikin bareng khadimat, pake resep doi 😀

Bahan :

  1. 1 buah umbi singkong yang besar, parut
  2. Dage 4 potong (boleh diganti oncom atau tempe)
  3. Kelapa 1/4 buah, parut
  4. Daun bawang iris

Bumbu :

  1. 2 butir bawang putih + kencur 2 ruas + garam + cabai rawit + gula merah + irisan kecil daun kemangi ( untuk isian, dicampur dengan dage)
  2. 4 butir bawang putih + ketumbar + garam (untuk campuran adonan singkong)

Cara :

  1. Haluskan dage dan bumbu isian dage (nomor 1) sisihkan
  2. Parutan singkong, diperas jangan sampai kering, untuk mengurangi airnya saja. Endapkan air perasan
  3. Campur parutan kelapa
  4. Masukkan endapan perasan singkong
  5. Masukkan bumbu adonan singkong (nomor 2), campur rata, tambahkan irisan daun bawang
  6. Bentuk pipih bulat adonan singkong, isikan dengan dage isian yang sudah berbumbu, tutup dan buat bulatan pipih (isiannya aku banyakin, jadi kulitnya nggak tebal)
  7. Goreng tenggelam di minyak panas
  8. Angkat, tiriskan, siap dinikmati dengan kopi di hari hujan (Aaawwww… syedaap!) Rasanya empuk

SONY DSC

 

Adikku yang bukan penggemar combro aja berkali-kali nambah lhoo.. katanya isiannya lembut (ini sih karena nguleknya halus kali yaa?) Buat yang suka manis, isiannya bisa diisi irisan gula jawa, enak looo.. namanya misro 🙂

Selamat mencoba ^^ 

Dapoer HN

Advertisements

6 thoughts on “Combro

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s