Sup Fillet Gurameh

Bismillahirrahmanirrahim..

SONY DSC

 

Nanana! Perasaan masakan doang ni isi blognya, hehe. Lagi menyerap ilmu memasak lagi soalnya. Tadinya si biar khadimat yang masak, aku mulai ngeracik pagi tadi. Tapi siangnya ditawarin suruh masak sekalian, ya udah lah buat melatih kemampuan memberi bumbu. Karena masak memang harus dilatih, kan. Aku aja yang udah seneng masak dari lama, belum luwes bikin masakan rumah.

Kalau sup ikan yang ini beda sama sup ikan buatanku yang biasa, bumbunya aja sih yang membedakan. Sup ikan ini kesukaan si bapak, apalagi kalau kepala gurameh, patin, atau ikan mas. Ikan-ikan itu lembut banget kalau dibikin sup.. nyamnyamnyam. Ini versi bumbu lebih lengkap. Simak? Oke 🙂

Bahan:

  1. Fillet ikan gurameh (ini beli di pasar ikan Purbalingga, minta aja sekalian di fillet, buat dibikin goreng tepung aslinya sih.. hehe) lumuri jeruk nipis supaya amis berkurang
  2. Kepala ikan gurameh (optional ya, tadi karena ada kepala makanya ikut masuk)
  3. Kembang kol, potong, cuci bersih
  4. Kubis
  5. Tomat merah dan hijau
  6. Cabai rawit merah dan hijau buang tangkainya
  7. Daun bawang + seledri
  8. Daun kemangi
  9. Daun salam, laos iris, daun jeruk, sereh potong menyamping, jahe keprek
  10. Bawang putih keprek + bombay iris
  11. Gula + garam
  12. Wortel potong besar
  13. Merica haluskan + pala bubuk

Cara:

  1. Rebus air sampai mendidih, masukkan wortel
  2. Masukkan bawang putih + bombay + garam + gula + merica + pala
  3. Masukkan ikan
  4. Masukkan laos / lengkuas, daun salam, daun jeruk, sereh/kamijara, jahe
  5. Ikan sudah matang dan berubah warna, masukkan kubis, kembang kol
  6. Masukkan tomat, cabai rawit, daun bawang, seledri
  7. Koreksi rasanya, perlu tambahan gula garam?
  8. Masukkan daun kemangi
  9. Angkat, nikmati 🙂

 

SONY DSC

 

Ngebayangin suami yang masih di perjalanan di atas awan… hiks… pengen nyodorin ini sup buat dia. *Edisi kangeun, maap yah pemirsa*

Salam sehat, Dapoer HN

Advertisements

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s