Ayam Kukus Jahe

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Sempat ada perbincangan (ceilah) pengen diet mayo antara aku dan adikku. Secara lemak-lemak tubuh perlu dibasmi. Pengen menetralisir tubuh aja, detox, imbasnya siapa tahu melangsing. Adikku mau-mau aja, asalkan dimasakin, nah lho. Aku masih maju mundur, apakah aku bisa bikin masakan no salt secara beradab dan bisa dimakan? Serta… enak?

Jadi hari ini sedikit tes meski nggak no salt, cuma less aja, dikurangi dikit. Oh yes, dan ini cuma uji coba jadi pakai 2 potong ayam kampung aja.

Resepnya ambil dari sini.

Bahan:
500 g daging paha ayam bagian atas, tanpa tulang
2 siung bawang putih, parut
1/2 cm jahe, parut
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm ang ciu/cuka beras, jika suka (nggak pakai karena haram 🙂 )
1 sdm kecap asin (nggak pakai)
2 sdt garam
1 sdt minyak wijen
Taburan:
1 sdt cabai merah bubuk
1 sdt merica hitam bubuk
Pelengkap:
Basi putih
Timun, iris tipis
Jeruk Lemon

Cara membuat:
Aduk dan remas-remas daging ayam dengan bumbu hingga rata. Biarkan terendam minimal 1 jam.
Taruh di dalam mangkuk tahan panas.
Kukus dalam kukusan panas selama 40 menit hingga matang. Angkat daging ayam dan tiriskan.

Penyajian:
Iris-iris daging ayam. Taruh di atas nasi hangat.
Beri sedikit kuahnya, taburi bahan Taburan.
Sajikan dengan Pelengkapnya.

Untuk 4 orang

Hasilnya? Mmm.. tadi sih aku ngemil ayamnya, nggak dimakan pakai nasi.. lumayan sih meski nggak nikmaattt banget. Gurih iya, mungkin harus kutambahin daun kemangi dan tomat biar agak kayak pepes ayam ya. Next time I will.

Tapi aku membayangkan… bagaimana kalau tanpa garaaam?

Advertisements

11 thoughts on “Ayam Kukus Jahe

  1. Pengin diet mayo juga tapi idem sama adeknya, pengin dimasakin. Hahaha… Aq lihat postingan orang yang diet mayo yang dia pakai catering. Kelihatannya enak karena tampilannya oke gitu kan ya kalau catering. Tapi katanya mahal bingit kalau catering. 13 hari bisa satu juta lebih.

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s