Nasi Uduk Kebon Kecipir

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Suatu saat aku nongkrongin IG, ada mbak Winny (winny.mp) yang posting nasi uduk. Udah jadi nasibnya kalau follow para ibu-ibu rajin dan pintar memasak pasti akan tergoda jua. Gimana mau kurus yaa.. Jadilah aku pengen nasi uduk, kalau enggak ya nasi kuning deh. Soal nasi kuning itu, dulu aku nggak suka lho. Nasi apaan lauknya begitu doang, itu-itu aja. Eh malah suka kangen makannya. Nasi uduk juga paling keitung berapa kali makan, karena emang jarang beli, lebih suka nasi gudeg hehe (kok tipikal orang jawa yang manis yaa, halah).

Sebelum bu khadimat masak nasi, aku setop dulu. “Bu aku mau bikin nasi uduk, tar dulu aja nunggu tukang sayur.” Mau beli santan, daun salam, dan perlengkapan bumbu yang lain buat masak hari ini. Mari kita tengok dapoer HN, apa hasilnya yaa..

Eh kenapa nasi uduk kebon kecipir alih alih kebon kacang? Yaa.. mau tampil beda aja sih, mentang-mentang sayurnya sayur kecipir, hihi

SONY DSC

Nasi uduk rice cooker (pakai resep mbak winny yang diedit sedikit) + teri medan

Bahan :

  1. Beras (terserah sesuai kebutuhan/ biasanya masak seberapa)
  2. Ketumbar halus
  3. Teri medan (aku cuci dulu, jadi nggak terlalu asin, pilihan aja sih)
  4. Garam (untuk yang suka gurih, aku nggak pake)
  5. Air santan (kalau resepnya sih aslinya pakai kara 200 ml, aku pakai peresan parutan kelapa, jumlahnya 1 ruas jari di atas beras kayak biasa karena jenis berasnya sudah termasuk pera)
  6. Daun salam 2 lembar
  7. Sereh / kamijara 1 keprek

Cara masak :

  1. Cuci beras seperti biasa
  2. Tuang santan encer sampai 1 jari di atas garis batas beras
  3. Masukkan teri medan, daun salam, kamijara
  4. Masak seperti biasa, 20 menit kemudian diaduk supaya merata, tunggu tanak

SONY DSC

Kering tempe 🙂

Bahan :

  1. Tempe 1 papan yang panjang (iris kecil)
  2. Minyak
  3. Bawang putih 2 siung iris
  4. Bawang merah 4 siung iris
  5. Cabai merah + hijau iris tipis
  6. Laos / lengkuas 3 iris
  7. Daun salam 1 lembar
  8. Gula jawa
  9. Gula pasir
  10. Garam

Cara :

  1. Goreng kering tempe dengan minyak sedang, tiriskan
  2. Tumis bawang + cabai sampai wangi
  3. Beri air sedikit, masukkan gula jawa + gula pasir + garam
  4. Masukkan tempe, lengkuas, daun salam
  5. Setelah merata, angkat

SONY DSC

 

Tumis kecipir / tumis bintang

Biasanya sih pakai oseng kacang panjang ya, atau kalau mbak winni pakai oseng bihun. Karena ada sayur kecipir, aku pakai ini. Dulu juga nggak suka kecipir tapi kelamaan suka karena unik.

Bahan :

  1. Bawang merah 4 siung, bawang putih 2 siung (iris)
  2. Cabai merah iris
  3. Minyak
  4. Garam Gula
  5. Merica
  6. Kecipir iris seperti bintang
  7. Lengkuas iris

Cara :

  1. Tumis bawang cabai sampai wangi
  2. Masukkan kecipir, beri garam dan gula, oseng-oseng, beri merica sedikit
  3. Tambahkan sedikit air, masukkan lengkuas
  4. Tumis sampai kematangan yang diinginkan, kalau aku suka masih agak crunchy, supaya vitamin nggak banyak menguap juga
  5. Angkat

Dadar telur tipis

Mungkin semua sudah bisa bikinnya yaa. Tinggal pakai teflon, dadar telur tipis-tipis pakai sedikit minyak, iris.

Pelengkap lain : Kerupuk, timun 

SONY DSC

Nasinya ada hitam-hitam mata teri, hihi. Oyaa.. sepiring nasi ini kukasi buat adik yang nggak suka sayur, dia habisin sayur kecipirnya, alhamdulillah.. ^^ Posting makanan begini bikin ngerasa bersalah sama suami yang jauh di sana 😥 Kasihan nggak ada yang masakin.. soon ya habibi..

Advertisements

4 thoughts on “Nasi Uduk Kebon Kecipir

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s