Mayo Diet Day 1 (Failed)

Bismillahirrahmanirrahim

Ini tanggal 2 Desember, menulis ini untuk draft karena khawatir nggak selesai. Apanya? Diet Mayo! Suka banget yaa ikut-ikutan kalau banyak temennya, hihi. Jadi, beberapa hari ke belakang, makanku agak ga beraturan. Nasi udah mulai banyak lagi, makan malam nasi lagi, sarapan kadang nasi juga. Belom jajanannya yang lemak, MSG, gula, susu. Aaahh.. Jahat banget sama tubuh sendiri.

Akhirnya memutuskan untuk Mayo Diet, tapi ini ke depannya akan disesuaikan. Tujuan utamanya sebenarnya untuk cleansing. Secara, aku termasuk cukup sering migrain terutama kalau capek dan awal period. Jadi aku pikir aku harus mengubah pola makanku.

Kalau lihat katering di instagram, aduh enak-enak banget. Katanya sampe jutaan, nggak ngerti juga. Terus banyak juga yang mulai posting makanan mayo diet mereka. Ada yang berhasil, ada yang enggak. Aku nggak tahu deh bakal berhasil atau enggak. Secara, sejak BBku turun cukup banyak waktu itu, sekarang stagnan melulu. Kalo turun BB itu bonus, yang penting sehat. Karena belakangan, kalo makan makanan asin banget tuh bawaannya ngerii.

Untuk sayur, buah, ikan, dan ayam aku masih punya stok. Jadi belum beli lagi. Tapi hari ini aku beli pelengkap seperti unsalted butter, soya milk tawar, yogurt plain, yakult, merica bubuk, kunyit bubuk.

IMG_20141202_110654

Sarapan : Mangga 1 buah

Makan siang : Kentang rebus, Baked tomato (tomat metik di depan), Labu siam kukus, Wortel parut, Tuna bumbu kuning

RESEP TUNA BUMBU KUNING

Bahan :

  1. 1 potong ikan tuna (Penjualnya sih ngomongnya itu tuna, tapi pas aku cerita ke suami malah ngakak, dia bilang iya itu tuna, tuna kecil alias tongkol. Ya ga tahu juga yaa, haha) dikecrutin jeruk nipis
  2. Bawang putih 1 siung chopped, Bombay 1/2 butir kecil chopped
  3. Kunyit 1 ruas + kemiri 1 butir +cabai merah 1 buah haluskan
  4. Merica / lada hitam
  5. Unsalted Butter
  6. Lengkuas 2 iris + Sereh keprek 1

Cara :

  1. Pakai teflon, panaskan 3 sdt unsalted butter
  2. Tumis bawang2an, bumbu halus sampai wangi
  3. Masukkan ikan
  4. Tambahkan air secukupnya
  5. Taburi lada, masukkan lengkuas dan sereh
  6. Matang, angkat

Seriusan, ini enak.. Karena ikannya udah gurih, jadi nggak berasa tanpa garam 🙂

Makan malam :

  1. Jagung rebus
  2. Telur dadar tauge
  3. Pisang rebus

Mayo Failed

 

3 Desember 2014

Kelihatannya akan berhasil kan? Untuk rasa, nggak ada masalah. Sejak awal diniatkan no rice, no salt, no ice. Tapiii… jam 9 malam udah lemes.. nggak bisa mikir. Bahkan baca novel aja tuh lewat doang. Kayaknya hiponatremi deh, hihi. Boleh nggak sih makan makanan yang tanpa garam tapi di atas jam 6 sore? Nyari jurnal mayo diet kok nggak ada yaa.. nemunya cuma sharing doang.

Minta diukur tensi, karena bagian kepala udah berat dan nggak enak kayak orang kurang darah dan oksigen. TD : 100/60 nggak tahu bener atau engga sih, soalnya yang nensi si bapak. Udah dilarang dari awal sama bapak dan ibu kalo nggak boleh no salt. Hihoo… Pas tau tensinya turun, padahal jarang-jarang tensinya turun segitu, akhirnya suruh batal mayo-mayo-an. Masa iya sih nggak konsumsi natrium sehari doang bisa turun bangeeett. Akhirnya aku menyerah deh, makan buah, minum yakult… Wkwk.

Abis ini kembali eat clean aja deh. Sama food combining. Ngurangin garam, gula, lemak. Rutinin olahraga (ini nih yang suliit banget) Ya siiih, kayaknya agak susah nurunin BB nya, tapi demi kesehatan, yang penting organ tubuh bekerja oke. Tapi siapa tahu besok-besok bisa Mayo Diet-an lagi. Makanan ga pake garem juga ternyata bisa enak.

Oya, untuk yang hipertensi, kayaknya ini cocok banget. Soalnya khadimatku sempet hipertensi dan hiperkolesterol, 2 bulan makan less (bukan no) salt, no minyak-minyakan, bisa turun 20 kilo 😀 Pernah denger kalau turun BB dalam waktu lama, naiknya juga bakal lama. Dibanding turun cepet, naiknya bisa cepet juga (fenomena yoyo) dan ini nggak sehat.

Jadii.. keep healthy ya!

Advertisements

31 thoughts on “Mayo Diet Day 1 (Failed)

  1. Unsalted butter merknya orchid ya? Mau cari ah… Aku juga maju mundur cantik mau diet mayo. Trus mundur beneran… Belum sanggup kykna. Hihihi.. Mau makan sehat aja kurangin gorengan. Filly nanti share dunk resep2 masakan kukus or no gorengan. Secara aku nyaris tiap hari goreng2 mulu. Hiks..

  2. Aku cm kuat 3 hari.. Lumayan turun sekilo.. Less salt sih skrg.. Food combining juga, tp susah misahin nasi.. Jd ngurangin porsi nasi aja.. Pagi sm malem makannya buah.. Belum nimbang BB lagi.. Hihi..

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s