Masakan Hari Ini

Bismillahirrahmanirrahim

Kemarin sore kami sekeluarga ke rumah Eyang, sowan. Sudah lama nggak ditengok, padahal harusnya tiap minggu ke sana. Eyang putri sudah sepuh, kalau diajak tinggal di rumah anak-anaknya selalu menolak, mau jaga rumah. Nah, kami biasanya bawa makanan yang mudah dikunyah sama eyang yang sudah nggak punya gigi, hihi. Tapi ini ceritanya bukan soal makanan itu sih.

Eyang itu orangnya hemat dan teliti, juga mudah mikir. Tapi bersyukur, karena dengan itu juga sampai sekarang masih belum pikun. Suami cuma titip salam karena nggak bisa ikut, iyalah kan jauh. Salamnya : dari cucu mantu yang paling ngganteng (iyalah, belom ada saingannya).

Sampai di rumah, karena siangnya bapak-ibu ada kondangan, otomatis harus nyiapin makanan buat sendiri. Padahal karena ngejar waktu tadi, nggak sempet mampir ke pasar beli sayuran. Alhasil semua isi kulkas dikorekin.

Inilah hasilnya:

 

SONY DSC

Ikan gurame tepung saus nanas

Bahan dan Cara :

  1. Ikan gurame fillet (udah lama di kulkas, harus dihabisin) kecrut pake jeruk nipis, bumbui pake bawang putih + garam + merica yang dihaluskan
  2. Ikan di atas, olesin di kocokan telur ayam
  3. Balurkan di atas tepung terigu yang dicampur tepung beras, perbandingan boleh 3:1
  4. Goreng terendam minyak, tiriskan
  5. Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay
  6. Masukkan tomat merah, saus tomat, saus cabai, tambahkan air, garam, merica, jahe keprek
  7. Masukkan potongan nanas, dan potongan mangga muda (memanfaatkan yang ada)
  8. Masukkan gurameh goreng fillet, campur, aduk rata, angkat..

 

SONY DSC

Sup Misoa

Bahan dan cara:

  1. Tumis bawang putih, merica, garam yang dihaluskan dg sedikit mentega 
  2. Tuang air, tunggu mendidih
  3. Cemplungin wortel, tunggu setengah matang
  4. Masukkan kubis, brokoli, daun bawang, tunggu setengah matang
  5. Koreksi rasa, tambah garam, gula, merica, bubuk pala
  6. Masukkan misoa, tunggu lemas, angkat segera
  7. Taburi bawang goreng

 

SONY DSC

Perkedel Jagung Kemangi

Bahan dan cara :

  1. Kocok telur ayam
  2. Ulek bawang putih, merica, garam
  3. Iris kubis, siapkan jagung pipil, iris daun kemangi
  4. Buat adonan telur ayam + tepung terigu + tepung beras sampai kekentalan yang sesuai, masukkan bumbu halus dan sayuran
  5. Goreng di minyak hingga terendam

 

Maap-maap aja posenya sama semuah.. Biasaa kalo moto makanan beginian ga bisa lama-lama, udah laper 😀

 

Salam Dapoer HN yang acak-acakan

Advertisements

6 thoughts on “Masakan Hari Ini

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s