Tumis Cumi Petai

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Sudah sejak kemarin, pengen banget tumis cumi asin campur tomat hijau. Aduh, netes-netes air liur. Apalagi kalau pakai nasi liwet. Argh. Apadaya tukang sayur udah 2 hari ga bawa tomat hijau. Akhirnya seadanya aja. Ini menu untuk buka nanti (kalau ga keabisan 😦 )

Kebetulan ibu kemarin dibawain petai sama temen kantor (pas banget, soalnya beli serantai 3500 an lho). Cumi asinnya dapat di tukang sayur, sebungkusnya 5000 perak. Yuk cek cara masaknya yang nggak butuh waktu 15 menit, sama ngupas-ngupas petainya.

SONY DSC

Cara membuat :

  1. Tumis bawang merah + putih + cabai hijau sampai mewangi sepanjang hari
  2. Cemplungin cumi asin yang sudah dicuci, dan petai yang sudah dikupas (ya masa sama kulitnya)
  3. Beri garam (boleh enggak kalau cuminya masih kerasa asin) sedikit aja, dan gula pasir
  4. Beri air sedikit, dan kecap sak encruuutt
  5. Tumis sampai matang
  6. Tambahkan paprika, tomat, cabai rawit utuh
  7. Taburi daun kemangi
  8. Angkat, selamatkan ke perut anda

Ingat, minum yang banyak, boleh kumur pakai kopi. Kunyah timun sebanyak-banyaknya. Bawa masker kalau perlu, hihi.

Advertisements

20 thoughts on “Tumis Cumi Petai

  1. Kalau aku menyebutnya sotong petai. Karena yang biasa kumasak cumi setengah kering asin yang direndam air hangat dulu sebelum ditumis. And how i love Pete sooo much. Suamiku kuajarin makan petai, suka2 aja dia hahaha
    Emang bener, masakan sederhana ini bisa ngabisin nasi sebakul hahaha

    • nah, cumi asin itu ada yang kering bener, ada yang kaya gini. ini masih agak basah gitu mba jadi nggak perlu direbus. kalau yang kering itu biasanya direbus dulu karena agak alot. yang ini lebih mahal sedikit, tapi biasanya aku pake yang kering juga sih mba, seadanya

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s