Laksa Ayam

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Kalo engga karena hari terakhir Food Challenge, niatnya sih males masak. Hihi. Kalo makan sih udah ada bikinannya ibu tadi pagi, seadanya aja, oseng sama goreng. Tapi karena bapak lagi GA BOLEH makan yang goreng, aku bikin tahu bacem sama ayam pedas (ga punya bahan makanan khusus buat dimasak 😦 )

Semalem si adek nunjuk Laksa Ayam sebagai makanan yang pengen aku masakin, aku si iya-iya aja. Dia nunjuk di buku Paket Menu Komplet 30 Hari by Mbak Anggraini Citra Kusuma (kado dari temen). Tapi ngomong-ngomong ni buku emang asik banget. Apalagi buat ibu-ibu yang selalu dipusingkan dengan urusan dapur.

SONY DSC

Nah, meski nggak yakin pengen masak atau engga, tapi pas tukang sayur lewat aku ngelengkapin bahan buat bikin laksa. Karena udah lengkap, nggak dieksekusi juga sayang, akhirnya tetep aja bikin buat adek kesayangan (pret).

Karena masaknya siang, biasanya tipe masaknya adalah terburu-buru. Orang udah wangi abis mandi, panas di depan kompor lagi, bau bumbu lagi, haha.

SONY DSC

Betewe ini cara masaknya, simpel banget. Aslinya untuk 10 porsi, aku bikin untuk 4 porsi kecil.

Bahan :

  1. 1 ekor ayam, potong 4 bagian (aku pake 4 potong ayam kampung yang udah diungkep siap goreng karena ga punya stok ayam mentah)
  2. 1 liter air (aku sesuka hatiku)
  3. 1 liter santan encer dari 1 buah kelapa (1 sach santan, ga punya yang asli)
  4. 100 g bihun, rendam air hingga lunak
  5. 100 g tauge, siangi, seduh air panas
  6. 50 g daun kemangi, siangi (kebetulan punya stok)

Bumbu halus :

  1. 10 siung bawang merah (cuma pake 3)
  2. 3 siung bawang putih (pake 2)
  3. 3 butir kemiri (pake 1 butir)
  4. 3 cm kunyit (pake kunyit bubuk)
  5. 1 sdt merica (pake merica panen sendiri)
  6. 2 cm jahe

Bumbu tambahan :

  1. 3 batang serai, memarkan
  2. 2 cm lengkuas, memarkan
  3. 2 lembar daun salam
  4. 2 sdt garam
  5. 1 sdt merica bubuk

Cara membuat :

  1. Masukkan ayam, bumbu halus, serai, lengkuas, dan daun salam ke dalam air. Rebus hingga ayam matang, angkat ayam. Tiriskan. (PS: ayamku ayam udah diungkep, yang udah berbumbu ya. Jadi kaldunya udah pasti ilang banget, makanya aku pake tambahan kaldu ayam secuil oh maafkan aku, biasanya aku ga pake kaldu tambahan apapun)
  2. Rebus kembali kaldu ayam hingga mendidih. Tuang santan dan beri garam merica. Masak hingga mendidih sambil sesekali diaduk agar santan tidak pecah.
  3. Panaskan minyak, goreng ayam hingga kuning kecoklatan, angkat tiriskan, suwir. (Aku skip ini karena ga pengen ayamnya digoreng)
  4. Siapkan bihun, tauge, ayam suir, 5 lembar daun kemangi di mangkuk. Siram dengan kuah santan. Sajikan hangat.

Psst. Aku tambahin juga pakai kentang ongklok, ternyata enak lho. 😀

Salam Dapoer HN.

12 thoughts on “Laksa Ayam

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

