Mudahnya Melaporkan SPT Tahunan On Line

Bismillahirrahmanirrahim]

“Dok sudah laporan SPT tahunan? Kan maksimal akhir Maret ini.”

Aku melongo. Nggak inget sama sekali tuh. Sebetulnya punya NPWP itu karena keharusan jadi dokter internship tahun 2013 lalu. Sempat laporan SPT tahunan sekali di KPP, yaa lumayan antri. Nah kemarin mempelajari lagi soal bikin SPT tahunan ini yang ternyata sudah bisa online, baik via PC maupun android.

Jalurnya bagaimana? Aku juga cari-cari info di googling dong. Mudahnya.

  1. Buat e-FIN (Electronic Filing Identification Number)
  2. Buat laporan SPT Tahunan via PC atau android (yang penting internet lancar, dan jangan mepet waktunya ya). Kalau nggak salah ini hanya untuk pendapatan < 60 juta setahun ya, koreksi kalau salah. 1770S dan 1770SS.

Bagaimana bikin e-FIN ?

MUDAH. Nggak perlu bawa apa-apa, duit aja siapa tahu laper haha. Bawa diri yang jelas. Dan kartu NPWP serta KTP (untuk NIK) ini sih di dompet selalu ya. Begitu datang ke KPP silahkan minta formulir pembuatan e-FIN ke satpam, isi formulirnya, ambil antrian, tunggu deh. Begitu dipanggil ke loket, nanti akan diurus. Kita biasanya suruh balik lagi ke situ dalam beberapa jam ke depan. Aku tadi balik lagi ke KPP 1 jam kemudian, tinggal kasih langsung bukti pembuatan e-FIN ke loket nggak perlu antri, dan kita sudah dapat lembaran kertas berisi nomor e-FIN kita. Yay.

Lalu, di rumah atau di manapun dengan koneksi internet memadai tinggal masuk ke link DJP klik logo e filing. Di sana akan muncul jendela yang bertulis kolom NPWP dan Password. Karena kita belum punya password, jadi kita registrasi dulu. Kita akan dipandu. Setelah registrasi, aktivasi password di email kita. Dengan begitu kita sudah bisa langsung masuk ke akun kita dengan cara login. Panduannya sangat mudah, dan penghitungannya tentu sudah otomatis, nggak ribet nulis macam-macam.

Setelah selesai kita akan mendapat email yang menyatakan kita sudah menyampaikan laporan kita. Mudah ya. Sudah lapor SPT tahunannya?

Advertisements

13 thoughts on “Mudahnya Melaporkan SPT Tahunan On Line

  1. 1770S –> di atas 60 juta hanya dari satu pemberi kerja
    1770SS –> untuk penghasilan di bawah 60 juta

    kira2 begitu, mbak.

    kalau mau bisa ikuti selfie bareng tanda terima e-filing, mbak 😀

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s