First Crocheting

BismillahirrahmanirrahimSONY DSC Salam kamis ceria ^^

Belakangan ini aku sedang (boleh dibilang) keranjingan merajut. Seumur-umur belum pernah merajut, seingatku. Jadi suatu hari kemarin aku beli peralatan merajut, nggak banyak, secukupnya aja antisipasi aku mogok di jalan dan nggak mau ngelanjutin hehe.

Untuk hakken/hakpen nya hanya seharga 2000 rupiah dengan ujung ukurannya berbeda-beda. Aku sempat bbm tanteku yang hobi merajut, butuh yang ukuran berapa tapi karena balasnya baru sorenya aku terlanjur beli yang ukuran 5/0 dan 6/0 ternyata ini terlalu besar untuk ukuran benang yang kubeli. Benangnya sendiri tergantung merk dan bahan, aku beli polyester dan katun. Polyester lebih mudah dirajut, karena lebih padat dan kencang, kalau katun lembek gitu kayak benang biasa tapi berlapis.

Karena sama sekali belum pernah merajut, aku cari info. Eh nemu BLOG KECE INI, silahkan dilihat. Untuk belajar teknik dasarnya, karena ada video yang mudah dimengerti jadi enak banget. Awalnya aku bundet banget belajar ngerajut karena nggak punya teknik dasar. Setelah mulai tahu apa itu tusuk rantai, double crochet, single crochet sedikit-sedikit bisa ngikutin video tutorial simpel di youtube. Soalnya aku belum sempat beli bukunya, kalau dari buku mungkin membantu juga belajarnya.

SONY DSC

Aku belajar dari yang paling mudah. Cari tutorial bunga 6 kelopak dengan 2 warna, meski belum rapi tapi lumayan deh dapat bentuknya. Kedua kali coba, aku ngarang abis, nggak pakai rumus apapun cuma pengen ngelancarin main hakken aja. Hasilnya ya gitu deh agak bentuk bunga juga tapi ga tau niatnya apaan. Hehehe. Semalam abis pulang jaga sore, masih sisa tenaganya pengen merajut lagi. Kalau udah mulai ngerajut tuh kalau stop males banget, soalnya bisa lupa sampe mana rumusnya. Aku coba bikin tatakan gelas lihat tutorian di youtube. Karena ukuran benangnya beda sama di tutorial, jadi aku kurangi jumlah kelopaknya untung nggak jadi gagal. Lumayan deh bisa buat tatakan hehe.

SONY DSC

Ada yang bisa merajut? Salut! Soalnya pegel banget tangannya, apalagi kalau bikin yang lebar-lebar. Doakan aku makin mahir ya jadi bisa bikin barang yang bermakna haha.

Oya ini tutorial tatakan gelasnya.

Saranku untuk pemula, cukup beli beberapa benang. Polyester lebih mudah untuk dirajut. Harganya sekitar 11K. Hakken pilih yang kecil, antara 2-4 mm. Ada hakken yang mahalan, kayaknya enak karena pegangannya lebar. Kalau yang punyaku sih yang murah aja 😀 Udah itu aja buat ngelancarin. Abis itu kalau berniat bikin yang lebih, baru deh nambah properti.

Untuk di Purwokerto, bisa beli di toko Satria di deretan toko Jl. Jenderal Soedirman.

17 thoughts on “First Crocheting

  1. assalamu’alaikum mbak.
    salam kenal. sy udah lama follow, tp baru kali ini berani komen, krn hobbynya sama. saya juga suka merajut, tp masih mood2an.

    • Wa’alaikumussalam wah makasi sudah follow yaaa… nanti kukunjungi balik. Semoga ini jadi hobi ga panas dingin ya hihi. Salut banget sama yang menekuninya.

  2. Waaaaa, jadi kangen merajut. Dulu merajut ini aku pelajari waktu SMP di pelajaran seni rupa. Sukses bikin taplak meja, terus aku sempat bikin baju boneka barbie rajutan buat dijual. Kalo udh merajut ga bisa berhenti. Enak aja. Jadi pengen merajut lagi 😀

    • Iya emang kalo belum jadi belum pengen stop ya, dulu aku diajarinnya mnyulaam, tapi ga sampe suka bgt gituu. Bikin lagi mba, lumayan skrng bnyak yg usaha itu

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

