Nugget & Bakso Ayam Gandum

Bismillahirrahmanirrahim

Kemarin Ahad ibu beli ayam giling di pasar. Mumpung ada waktu aku eksekusi hari ini, sesuai bahan-bahan yang ada di kulkas. Awalnya mau bikin nugget aja, tapi males nunggu ngukus lama jadinya separo bahan aku buat bakso aja. Hehe. Kebanyakan resep nugget yang aku lihat pakai roti tawar, alhamdulillah punya roti tawar yang ED hari ini. Tapi ini roti tawar… GANDUM. Hihi. Di rumah yang suka roti tawar gandum cuma aku doang. Aku eksekusi aja deh.

RESEP

  1. 250 g daging ayam giling
  2. wortel 1 buah, cacah
  3. roti tawar (kupas kulitnya) atau roti tawar gandum rendam air sampai lembek, peras 4 lembar
  4. garam + gula + merica
  5. 3 butir bawang putih haluskan
  6. 2 butir telur, kocok
  7. 2 sdm tepung maizena/tapioka
  8. 2 sdt baking powder
  9. tepung panir/tepung roti

CARA MEMASAK

  1. Campur daging ayam giling, wortel, roti tawar, beri gula+garam+merica+bawang putih. Aduk. Beri telur untuk perekat secukupnya.
  2. Cetak dalam cetakan sesuai selera, masukkan separuh adonan. Cetakan sebelumnya diberi minyak/margarin. Kukus kurang lebih 20 menit (NUGGET)
  3. Separo adonan sisanya kita beri tepung maizena/tapioka, baking powder. Lalu kita cetak bulat (boleh pakai tangan atau sendok) cemplung ke dalam air mendidih. Bila sudah mengapung, angkat. (BAKSO)
  4. Angkat kukusan nugget, potong-potong sesuai selera. Baluri telur kocok dan gulingkan dalam tepung panir. Sisihkan.

BAKSO KUAH

Air rebusan bakso bisa langsung kita buat kuah sop. Tambahkan bawang putih keprek, garam, gula, merica. Potongan daun bawang dan seledri (kebetulan aku nggak ada). Masukkan bakso ayam. Cek rasa. Angkat dan nikmati setelah diberi taburan bawang merah goreng.

SONY DSC

Bakso ayam gandum, diberi cacahan wortel. Cocok untuk anak yang susah makan sayur. Gandumnya lumayan berasa. Baksonya nggak sehalus bakso buatanku sebelumnya, karena campuran gandum, wortel, dan gilingan daging yang berserabut.

SONY DSC

Bakso ayam kuah. Beri pelengkap bila ingin lebih endeusss.

Nugget ayam sudah jadi. Boleh kita masukkan wadah kedap, lalu simpan di frezer. Siap digoreng sewaktu-waktu. Ini mah makanan gampil yang sering dibikin ibu-ibu.

SONY DSC

Nugget siap simpan

SONY DSC

Nggak bohong, ini enak banget. Rasa gandum nggak terlalu berasa. Mirip nugget beneran. Boleh diisi keju kalau pengen lebih nyammnyam.

Akhirnya kesampaian juga bikin nugget sendiri. Adek di rumah suka banget nugget. Dia juga gak suka sayur. Maunya lauk kering doang. Kalau beli nugget di luaran banyak mengandung MSG jelas enak banget tapi kurang sehat ya. Apalagi prosesnya udah panjang banget.

Kalian suka nugget ga? Pasti suka deh. Apalagi cocol saus. Yaaa 😀

Advertisements

32 thoughts on “Nugget & Bakso Ayam Gandum

  1. Mm… keliatannya maknyus bener tuh mbak. De edanin, eh, maksudnya diedarin di sekitar kampus2 purwokerto, kayaknya joss mbak 0__0 v

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s