Spicy Crisp Fried Chicken

Bismillahirrahmanirrahim…

SONY DSC

Hari ini rikues masakan ke khadimat tu.. pecel, tempe bacem, kepala ikan patin bumbu merah. Ngurangi goreng lah, si bapak keasikan cemal-cemil yang goreng-goreng mana kolesterol belum normal 😦 Tapi di antara semua makanan itu, nggak ada satu pun makanan kesukaan adikku satu-satunya. Huh. Susah yaaa kalo ada yang ga suka sayur dan ikan-ikan juga milih-milih. Ikan harus goreng, sop kepala gurame paling yang dia mau.

Jadi, harus ada yang namanya Lauk Z (namanya Z). Karena kalau ga punya lauk, dia bakalan makan mi instan. Jadi karena dari kemarin agak kepikiran pengen bikin fried chicken, makanya aku eksekusi aja ayam fillet di kulkas. Nyari resep yang sekiranya bahannya ga ribet dan sudah tersedia semua di rumah.

RESEP ASLI SILAHKAN KUNJUNGI LINK INI YA

SONY DSC

Mari kita sesuaikan dengan waktu dan kecukupan bahan. Bikin ini nggak sampai 1 jam. Ringkaas.

Bahan :

  1. Ayam fillet (atau sesukanya)
  2. Bawang putih (bubuk lebih disukai, karena aku nggak ada ya ngulek aja)
  3. Merica
  4. Garam
  5. 1/2 sdt Baking powder
  6. Tepung maizena (harusnya kanji, tapi aku ga ada. Lihat resep lain ada yang pake maizena, yaudah pakai)
  7. Tepung terigu protein tinggi ex: cakra kembar (ga ada, punyanya segitiga biru which is protein sedang)
  8. Chili powder (pakai lada hitam juga bisa deh)
  9. Air es
  10. Saus

As usual… no takaran ya. Untuk yang suka menakar, lihat resep asli 😀

Let’s make it! :

  1. Lumuri ayam dengan campuran bumbu bawang putih + garam + merica, diamkan beberapa menit sampai meresap (kalau mau makin resap, dan sesuai besar ayamnya ya.. sekitar 30 menit dimasukkan ke kulkas)
  2. Siapkan sewadah tepung maizena, sewadah campuran tepung segitiga biru/cakra + garam + baking powder + bawang putih bubuk (aku skip) + bubuk cabai merah, dan sewadah air es
  3. Ambil ayam, gulingkan di tepung maizena, celupkan di air es, gulingkan di campuran tepung protein tinggi, remas-remas, celup air es lagi, gulingkan di campuran tepung… remas-remas sampai kriwil (aku kurang kriwil sebetulnya) boleh diulang berkali-kali
  4. Goreng di minyak panas api sedang sampai terendam. Tanda matang tu sampai warna berubah kecoklatan dan ada buih-buih minyak (blutuk-blutuk)
  5. Angkat, tiriskan, cocol saus.

SONY DSC

Lumayaan kaan. Nggak seribet itu. Alhamdulillah langsung dimakan dan enak… Kalau di luar sana sih banyak yang lebih jago, hihi… Tapi bisa bikin begini ya lumayan deh. Kalian juga pasti suka nongkrong di resto cepat saji cuma sekadar makan ayam goreng tepung pake nasi kan, hihi 😀 Selamat mencoba ya!

Advertisements

9 thoughts on “Spicy Crisp Fried Chicken

  1. Iya. Diluar sana emg byk yg lebih jago. Tp percuma juga dibahas krn mereka kan nggak masakin keluarga kita. Ya gak? Hihihi. Comot dikit ayamnya yaaa! Looks yummy deh! Serius ini aku ngiler.

  2. Mbak kasih tips dong biar pas masak ayam krispi bagian dalam ayamnya mateng sempurna tanpa diungkep terlebih dahulu. Soalnya kalo aku masak ayam tnpa diungkep, bagian dalamnya masih merah-merah gitu 😀

  3. aku biasanya pakai tepung yang udah jadi xiixixixi tp tetep sih kesukaan aku dan suami ayam ungkep kuning gitu, udah yakin dalamnya matang jadi gorengnya gak lama, udah gitu kl bikin sekalian banyak, terus tinggal stock di freezer :))

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s