dapoer HN

Ayam Suwir Kuah Rendang

Bismillahirrahmanirrahim

Salam Dapoer HN!

SONY DSC
Pst taplaknya itu rajutanku lhooo.. separonya, separo lagi dilanjutin ibu haha.. orangnya mau sendiri

Aku bingung karena Pipo kolesterolnya belum turun tapi suka banget ikut ngemil goreng-goreng. Padahal makan di kantin kantor udah di luar kontrol rumah juga. Jadi aku putuskan buat ngubah semua menu rumah (yang berujung pada kekeselan Z karena dia tipe pilih-pilih makanan, oke, harus ada menu Z juga) ribet yah.

Pokoknya sebisa mungkin ga pake minyak. Dan kalau pake buat numis, udah ganti pake minyak kelapa dan cuma seucrit. Hari ini nanyain pengen makan apa Po. Katanya ayam opor. Tapi aku bikinnya ayam rendang, haha. Kalo menu lainnya yang aku rikues ke khadimat adalah Sayur Bening Lontop (daun ubi jalar) dan Balado Terong Ungu (rikues ga digoreng dulu terongnya).

Oya, pagi tadi juga aku udah bikin tempe bacem bumbu kuning, jadi variasinya lumayan banyak ya! Kalau masak ayam suwir ini sekalian nunggu temen yang mau mampir ke rumah, berhubung bbm ga dibales juga jadi ya aku masak aja deh ya. Soalnya kalo masak yang eksperimen harus masak sendiri ga bisa nyuruh-nyuruh.

Kali ini aku pake bahan yang simpel. Ala Makcemplung.

Bahan :

  1. Dada ayam seperempat kilo
  2. Cabe merah
  3. Bubuk bumbu rendang (ini kayanya wajib punya deh, tapi bubuk ya.. yang tanpa tambahan msg, alami)
  4. Daun jeruk
  5. Daun salam
  6. Kemiri 2 biji, bawang putih 2, bawang merah 2
  7. Garam, gula, cabe bubuk
  8. Minyak kelapa

Cara Memasak :

  1. Haluskan kemiri dan duo bawang, beri garam dan bubuk rendang (di wadahnya memang tertulis masih harus dikasi tambahan duo bawang dll)
  2. Tumis bumbu halus dan daun jeruk sampai wangi pake sedikit minyak kelapa
  3. Masukkan air secukupnya
  4. Masukkan ayam, daun salam, beri gula dan cabe bubuk
  5. Koreksi rasa
  6. Tunggu meresap dan matang, suwir-suwir ayam di wajan
  7. Masukkan irisan cabai
  8. Angkat

SONY DSC

Lumayan kan, masakan ini sekalian buat latihan masak nanti buat si bapaknya anak-anak. Soalnya udah mulai ngurangi makanan nggak sehat (katanya sih gitu). Haha kecuali kalo lagi pengen ya Pap.

Obrolan via Line (ceritanya mengkhayal)

A : Baru pulang ya? Aku bikinin kopi ya.

S : Ga mau. Mau jus aja.

A : Tadi kan udah jus, sekarang buah potong aja. Males nyuci blender lagi.

S : Oke.


A : Ngapain aja sih? (Pengen diajak ngobrol)

S : Bantuin kerjaan Bos, ngobrol ama petani, cuci baju, baru masak. Makanan sehat. Sayur kacang panjang sama tahu, pake buncis, pake timun

Terus si A merasa kasihan suaminya masak sendiri makan sendiri >,<


A : Aku pengen bolu meranti (berharap dibeliin)

S : Jangan, makanan sehat aja. Buah. Makanan rumah aja.

A : Mau yang enak-enak. Keju kan banyak kalsium.

S : Ikan-ikanan aja.

A : Ngambek karena ga dibeliin bolu. (Tapi nyadar juga sih kalo butuh yang lebih sehat)


Advertisements

33 thoughts on “Ayam Suwir Kuah Rendang”

  1. Baru bangun langsung lihat ini jadi kukuruyuk perutku 🙂 langsung bayangin ayamnya diganti jantung pisan gitu enak banget ya. Tapi ga ada disini

      1. Waahh ada ya Yang. Aku bolak balik Amazing Oriental atau ke pasar ga pernah tau tempatnya jual jantung pisang. Ohh oke kalo begitu, berburu lagi akunya 🙂 thanks Yang infonya

      1. bisa dong. yang bikin kuat rasa rendangnya jinten-nya itu mba. sebelum punya bubuk rendang biasanya ngulek sendiri, kalo pas masak banyak baru pake bumbu instan basah gitu. Nah, sekarang biar ga ribet beli yang bubuk kering, nyetok yang rasa kari juga buat sewaktu2 masak

      2. sip deh. kapan2 dicoba. ada sih bbrp bumbu yg kurang. tp bisa lah diganti, meski rasanya jadi ga otentik. gapapa, namanya jg tombo kangen hehe.

      3. iya. di sini ada spice bazaar jg. banyak bumbu eksotis. tp belum nemu kemiri sama daun salam hehe.

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s