DIY Nursing Pillow

Bismillahirrahmanirrahim

Suatu kali pas jalan ke toko perlengkapan bayi buat nemenin temen yang beliin kado ponakan, iseng lihat harga bantal menyusui. Wow.. halmahera juga ya, eh mahal. Pokoknya di atas 100. Sambil mikir, hmm.. bisa nggak ya kalau bikin sendiri? Iseng-iseng cari tutorialnya.

Aku pilih tutorial yang INI (KLIK YA LINK-NYA VITAMASBIZ) meski dalam bahasa melayu tapi masih bisa dimengerti kok. Dari link itu akan diarahkan ke LINK YANG INI JUGA (MADE BY RAE) yang di dalamnya kita bisa download pattern atau pola bantal menyusui. Tinggal di-print saja. Thanks RAE!

Kebetulan aku punya kain yang iseng kukumpulin, beli online. Kainnya katun twill, dia lebih tebal dari katun biasa. Cocok banget kalau dibuat bantal karena nggak terlalu tipis.

Nah setelah kita print patternnya, kita gunting sesuai pola. Pola RAE ini sudah diberi pola resleting, jadi kalau mau tanpa resleting, kita lipat saja bagian resleting supaya tersembunyi (kayak aku ini).

Pattern. Hasil print yang sudah didonlod.

Pattern. Hasil print yang sudah didonlod.

Setelah pattern digunting, kain digunting. Jangan lupa sisakan +- 1 cm untuk dijahit

Setelah pattern digunting, kain digunting. Jangan lupa sisakan tepiannya +- 1 cm untuk dijahit

gunting bagian sebelahnya lagi, jadi membentuk U

gunting bagian sebelahnya lagi, jadi membentuk U

aku pakai kapur kain untuk memudahkan

aku pakai kapur kain untuk memudahkan menggunting pola

Begini hasil guntingannya. Untuk bagian depan dan bagian belakang. Pasang jarum pentul dengan kain terpasang seperti ini sebelum menjahit. Sisakan sedikit lubang untuk membalik kain dan memasukkan dakron ya.

Begini hasil guntingannya. Untuk bagian depan dan bagian belakang. Pasang jarum pentul dengan kain terpasang seperti ini sebelum menjahit. Sisakan sedikit lubang untuk membalik kain dan memasukkan dakron ya. Aku pilih buat lubang di bagian dalam bentuk U nya supaya hasil jahitan sum nggak terlalu kelihatan.

Perjuangan memasukkan dakron, suwir2 supaya gak menggumpal. Setelah masuk semua dan padat, jahit sum lubang yang tersisa.

Perjuangan memasukkan dakron, suwir2 supaya gak menggumpal. Setelah masuk semua dan padat, jahit sum tersembunyi untuk menutup lubang yang tersisa.

Taraa. Jadi juga.

Taraa. Jadi juga. Menjahit sum bantal yang sudah berisi dakron ternyata bikin tangan pegallll. Tapi cepat hilangnya sih.

Siap disimpan atau digunakan.

Siap disimpan atau digunakan.

Gimana? Mudah ya? Kalau ribet, aku males juga bikinnya hehehe. Terlepas nanti tuh bantal berguna atau engga dalam hal menyusui, tapi ini dipakai buat tidur dan dipeluk-peluk juga enak banget.

Oya, dakronnya awalnya aku beli 3 kantong isi @ 1 ons (4 K) ternyata masih kurang. Mau beli 4 kantong lagi eh dikasih sama temen yang punya persediaan dakron. Makasih ya beb. Hihi. Amal baik daaah~

Bantal ini aku bikin 3 hari! Wow.. lama? Enggak, enggak, jadi.. hari I malam-malam itu ngeprint pola, gunting bahan. Besok paginya jahit terus nyuci kainnya, jemur, setrika. Mau langsung diisi dakron, eh kurang. Baru di hari ke-3 diisi dakron penuh terus dijahit. Selesai. Nggak lama kok hehe.

Cara bikin sarung bansui-nya ada di pola-nya RAE juga ya!

Cara bikin sarung bansui-nya ada di pola-nya RAE juga ya!

Advertisements

30 thoughts on “DIY Nursing Pillow

  1. Ooh, dakron kayak itu yah, baru tau ;-), empuk ga Filly?

    Kalau di sini, buat bantalnya pakai kapuk. Ibuku suka mendaur ulang bantal lama, semacam hobi sepertinya, hihi.

    • empuk banget. kalau kapuk berat, enak buat bantal lantai itu.. aku juga lagi pengen bikin hihi. aku juga punya kasur kapuk daur ulang 😀 soalnya kalau kelamaan kan kempes ya, jadi harus dipadetin lagi hehe

  2. Cakeeep dah anak mamah yg satu ini, bikinin dong……hehehee, ujung-ujungnya nagih. Aku malah belum pernah bikin yg gini, karna klo jait tangan kok rasanya kurang kuat.

    Btw, lebih bagus lagi pake dakron yg jenis “silikon polyester fiber” karena lebih halus, mengembang dan kalau dicuci tidak kempes. Oia klo ga salah itu juga ga terlalu berbahaya untuk bayi, soalnya ada yang alergi juga sama dakron …..

    • mah ayok kita nabung beli mesin jahit elektrik yuuk. Iya nih, ini nggak tahu jenisnya, yang jual tahu nggak yaa.. soalnya kemarin yang aku beli kasar tapi nggak bikin gatel, pas dikasih beda jenis kayanyaa

      • Iya aku juga masih nabung beli yg rada lumayan sekalian #smangatsmangat

        Klo bisa dakronnya yg ga kasar dan gatal, emang sih harganya sekilonya lebih mahal tapi hasilnya bagus. Klo ga salah, beberapa bulan lalu yg dakron silicon itu 32 ribu/kg nya dan cukup untuk 6 bulan (tergantung pemakaian sih)….

        Selamat berkarya lagi ya nak bu dokter 🙂

      • mba belinya yang apa mesin jahitnya? yang bagus apa sih? aku liat yang paling murah aja, hihi. kayanya itu yang aku beli deh soalnya 1 ons 4000. bersih dakronnya nggak ada kotor2nya gitu

      • Aku juga liat di beberapa toko online store ada yg skitar 1,5 juta – 3 juta an,,,nah tapi aku juga ga begitu tau bagusnya yg mana 🙂 pokoe yang terjangkau dan kebutuhannya sesuai ya….

        Oo, tapi toko yg jual peralatan jahit disana banyak ga ??

  3. Pingback: Perlengkapan Ibu Hamil – Menyusui – Bayi | Our Cosmic

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s