Rempeyek Cabe

Bismillahirrahmanirrahim

Iwaaak peyeeeek iwak peyeeek iwaakk peyeeek nasiii jaaguuunggg.SONY DSC

Siapa nggak kenal rempeyek! Tiap ahad pasti ada mba-mba rempeyek jual dagangannya 5000 perak sebungkus. Isinya rempeyek teri, rempeyek kacang, rempeyek kedelai. Aku sendiri termasuk penyuka rempeyek. Ada macem-macem jenis rempeyek tergantung yang buat. Mereka punya resep masing-masing deh ya.

Aku udah beberapa kali bikin rempeyek. Dari yang resep pakai telur (yang berakhir lembek begitu dingin, mungkin kebanyakan telur) dan pakai santan maupun pure tepung beras.

Kali ini aku bikin rempeyek cabe hijau, salah satu favorit. Selain rempeyek kacang hijau yang juga favoritku. Ini resep super simpel ya.

Caranya :

  1. Haluskan bawang putih, ketumbar (boleh disangrai dulu supaya mudah menghaluskan) dan garam, yang halus ya supaya ketumbarnya nggak gosong.
  2. Encerkan tepung beras rose brand (merk yang paling oke sih menurutku, nggak pernah coba yang lain tapi hehe) beri campuran santan sedikit aja, nggak pakai juga nggak papa kok masih tetep renyah. Masukkan bumbu halus dan irisan cabai, irisan daun jeruk, serta taburan udang kering. Kalau mau kacang hijau, masukkan kacang hijau matang yang sudah merekah yaa (direbus dulu)
  3. Keenceran yang paling enak itu adalah encer banget. Jadi nanti hasilnya tipis dan nggak ada bagian yang nggak matang.
  4. Panaskan minyak, pasang api sedang. Tuang adonan dengan centong sesuai ukuran yang kamu mau, tuang dari pinggir wajan (ujung centong agak nempel wajan) lalu gerakkan perlahan ke kanan. Nanti adonan akan turun ke bawah. Tunggu beberapa saat, sesekali boleh sirami adonan di wajan yang tidak terendam minyak, nanti lama-lama sekeping rempeyek itu akan turun nyebur ke minyak dan kita tunggu sampai kering.
Cara menggoreng rempeyek. Adonan 1 centong dituang dari pinggir.

Cara menggoreng rempeyek. Adonan 1 centong dituang dari pinggir.

Rempeyek cabe siap menggoyang lidahh dan menemani makan siang. Buat cemilan aja juga bisa 😀 Kalau buat sendiri, kita bisa menentukan topping, dan sebanyak apa isinya, ya kan?

SONY DSC

Kamu suka rempeyek apa? Share yaaa.

Advertisements

16 thoughts on “Rempeyek Cabe

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s