Nasi Goreng Lidah Sapi

Bismillahirrahmanirrahim

Nasi goreng ini makanan sejuta umat. Aku, dalam kondisi kenyang sekalipun kalau disodori nasi goreng itu susah nolaknya huhu. Sampai kuliah aku cuma kenal nasgor kampung aja, yang suka seliweran di perumahan dan kadang beli nasgor babat atau pete, seafood di warung nasgor langganan.

Sejak kuliah, ada tempat makan delivery yang menyajikan aneka menu nasgor. Salah satunya nasgor tomyam yang suka dipesen temenku pas jaga bangsal anak (dan aku mencicipnya hehehe). Terus ada nasgor kambing di warung Iga Bakar Mas Giri yang ternyata enak.

SONY DSC

Jadi, sejak saat itu aku mulai mengenal berbagai macam nasgor khas masing-masing orang. Ada yang suka masak tanpa kecap, ada yang dicampur kencur, ada yang dicampur daun jeruk, oya salah satu favoritku juga nasgor ikan asin. Ah pokoknya kalau masak nasgor bisa berbagai macam gaya dan rasa.

Kali ini, karena lauknya cuma bacem ikan dan aku lagi males makannya jadi aku bikin nasgor.

“Z (adikku) mau nasgor juga ga?”

“Dikit aja.”

Karena ada lidah sapi, aku eksekusi aja pakai bumbu rendang. Cekidot yaa, menurutku ini enak (apa yang ga enak buatku sih ya)

  1. Tumis kocokan telur ayam (1 buah), orak-arik, sisihkan di pinggir wajan (aroma gosong dikitnya bikin wangi)
  2. Tumis bawang putih dan merah, serta cabe rawit merah. Sampai wangi. Masukkan bubuk rendang secukupnya. Kecrut kecap.
  3. Masukkan daun salam dan irisan sereh (bagian putih)
  4. Masukkan irisan lidah sapi. Aduk-aduk sampai bumbu merata.
  5. Wangi? Masukkan irisan tomat dan kubis. Lalu menyusul nasi. Aduk merata.
  6. Sajikan dengan timun, bawang goreng, dan kerupuk.
  7. Nikmati selagi hangat.

Adikku dikasih sepiring abis juga padahal bilangnya cukup dikit aja -_-” tapi enak sih, haha akan jadi menu favorit juga deh. Lidahnya bisa diganti daging sapi atau kambing yang sudah direbus juga.

Oya soal kerupuk aci ini, yang kuning juga favorit. Kayak pak SBY yaa, yang selalu sedia kerupuk begini di meja makannya. Kalau nasgor kampung pakainya kerupuk warna-warni, itu juga aku suka banget. Ah apa sih yang ga suka!

Kamu suka nasgor apa? Eh, kalau nggak suka pakai minyak, aku pernah juga bikin tanpa minyak dan kecap hasilnya lumayan juga looh 😀 Oya katanya paling enak memang pakai nasi pera yang sisa alias nasi kemarin. Lah jaman dulu emang aslinya nasgor kan dibikin dari nasi sisa yang dingin. Kalau sekarang nasi rice cooker ayo aja 😀

4 thoughts on “Nasi Goreng Lidah Sapi

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

