Sup Tulang Sederhana

Bismillahirrahmanirrahim

Bapak : Kamu makan kok pake ikan asin mulu, ga ada gizinya.

2 kali dibilang begitu.

Jadi, sama ibu udah dipesenin masak sop pake potongan daging tulang sapi yang di kulkas. Aku udah nyiapin dagingnya, udah dipresto, tapi tukang sayur ga dateng juga. Tumbenan, kayaknya karena tiap Ahad ga ada yang beli (pada udah ke pasar, atau beli makan sendiri di komplek). Giliran aku butuh beli sayuran malah ga datang, hiks. Tadinya mau batal bikin sop nya, tapi karena laper dan cari makanan yang agak bergizi dan berprotein jadi aku eksekusi aja ala makcemplung berhubung nggak ada bahan makanan di kulkas.

SONY DSC

  1. Pertama, karena daging disarankan tidak dicuci (karena bisa membuat kuman dan kotoran makin menyebar), jadi kita rebus pakai air yang belum mendidih. Begitu mendidih, kita matikan api dan ambil dagingnya. Kotoran dan buih akan tertinggal di air yang kemudian kita buang.
  2. Masukkan daging tulang sapi ke dalam presto dengan air secukupnya, beri garam. Masak hingga 1/2 jam sejak berdesis.
  3. Pindahkan ke dalam panci lain. Beri bawang putih keprek. Merica bubuk. Pala bubuk / sedikit bongkahan pala. Bubuk cengkeh. Garam dan gula.
  4. Beri daun bawang dan seledri. Aku cuma punya dikit, jadi aromanya kurang berasa.
  5. Setelah resap, angkat, taburi bawang goreng. Sajikan selagi hangat. Pakai nasi juga enak.
  6. Mudah banget kan.
  7. Kalau mau kayak sop buntut, tinggal ganti tulang dengan buntut. Sayuran yang disiapkan dalam potongan besar, cemplungin kalau mau makan saja, jadi sayurnya setengah matang. Yummy! 🙂 Sambal kecap jadi penyertanya.

Nggak resepnya, nggak potonya, sederhana banget kan… hehehe. Yang penting kita makan dengan doa dan barakah yaa ^^

Advertisements

10 thoughts on “Sup Tulang Sederhana

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s