Soto Ayam Sokaraja

Bismillahirrahmanirrahim

Spoiler ya. Jangan dibuka kalo ga kuat (tar batal puasanya aku yang dosaaa kan) haha..

.

.

.

.

.

.


Masak apa ya hari ini buat buka. Tau-tau kepikiran pengen bikin soto sokaraja, pasalnya apa? Tukang kerupuk mireng dateng nawarin kerupuk, ini cucok banget buat dimakan bareng soto. Eh ada yang belum pernah makan soto sokaraja nih pasti. Bahkan, kalau aku lihat-lihat di resep yang ada di google resepnya tuh beda-beda. Ada yang pakai kunyit, konfirmasi dulu ke bapak dan khadimat.. soto sokaraja butuh kunyit nggak ya, rasa-rasanya sih nggak deh… kalau soto semarang atau kuah kuning yang bening baru pakai. Akhirnya aku nggak pakai kunyit dan jahe. Oya entah kenapa di 2 resep yang aku lihat pake telur rebus, padahal aslinya soto sokaraja nggak ada yang pakai telur rebus.

Jadi, Soto Sokaraja itu beda sama soto bening kayak soto semarang, lamongan, dll. Kuahnya memang nggak pakai santan, tapi rasanya beda. Isinya bisa pakai ayam, babat, daging sapi. Soto Sokaraja yang paling terkenal adalah Soto Lama dan Soto Kecik. Ini letaknya di Sokaraja. Selain itu ada juga Soto Sutri, yang potongan dagingnya besar-besar banget kesukaan anak-anak Kedokteran nih dulu. Yang tadinya pada aneh ngerasain ada soto begitu, malah jadi suka. Kalau di dalam kota, soto ayam yang terkenal adalah Soto Sungeb Jalan Bank dan Soto Loso. Biasanya sering diundang di acara nikahan nih. Waktu nikahanku juga pakai Soto Loso nih buat sarapan tamu akad nikah. Biasanya temen makannya kerupuk mireng atau kelanting (terbuat dari singkong).

SONY DSC

Untuk resep bisa contek di sini ya. Dan di Sajian Sedap ini (minus kunyit jahe aja)  

Biar nggak baru bawang mentah, jangan lupa tumis sampai matang benar bumbu halusnya. Oya, kerupuknya tuh kerupuk kanji warna-warni, ini khas banget kalau udah disiram kuah. Mm. Udah gitu bumbu kacangnya juga yang membedakan. Dan, ketupat! Ketupat khas banget buat soto Sokaraja. Kalau soto lain kan pakainya nasi yaa.

Ini kali pertama ku bikin Soto Sokaraja. Aku ikutin semua resepnya. Tapi karena kuah 2500 liter ini garamnya harus dibanyakin. Aku sendiri belum cobain karena masih puasa, yang udah nyoba si ibu yang kebetulan masih sakit. Katanya sih enak, tapi levelnya belom setingkat sama soto terkenal itu hahaha. Kalo mau enak, kasih kaldu deh.. kalau aku nggak pakai.

SONY DSC

SONY DSC

Advertisements

4 thoughts on “Soto Ayam Sokaraja

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s