Kampel (Makanan Rakyat Banyumas)

Bismillahirrahmanirrahim

Halo! Selamat Lebaran ya (kemarin-kemarin) hehe. Berhubung ada suami, jadi medsos nggak banyak aktif. Mohon maaf lahir batin ya semoga puasa dan ibadah kita diterima Allah.

Lebaran kemarin cuma ke rumah mertua di Cilacap setelah shalat ied, balik lagi besokannya. Macetetcet. Lagian libur juga cuma hari H doang, ama bonus hari senin. Selainnya kerja. Tapi itu juga alhamdulillah, banyak temen yang lebaran di RS hehe :’)

Kali ini aku akan cerita tentang makanan yang bikin aku bolak-balik bikin. Suami, kalau pulang jawa pasti yang dicari Mendoan! Mendoan tahu kan, tempe tipis lebar yang digoreng tepung pakai bumbu : bawang putih, ketumbar, kencur, garam, kadang ditambahin kunyit. Gorengnya pakai tepung terigu ditambah tepung beras, dan nyemek-nyemek nggak kering.

KAMPEL

Tapi, berhubung kupat sisa lebaran masih banyak, aku pengen bikin kampel. Kampel ini adalah ketupat goreng tepung yang sekalian digoreng pakai tempe, atau mendoan, dan sebangsanya. Kadang ada yang cuma isinya ketupat goreng aja. Kenyang, yang jelas. Makanya makanan ini biasanya favorit di kalangan para pelajar sekolah karena termasuk penghuni kantin yang mengenyangkan sekaligus murah.

Untuk adonan kampel kemarin, aku pakai perbandingan adonan tepung terigu 1 : tepung beras 1/2  : tepung tapioka 1 sdm. DIbanding nggak pakai tapioka, kalau pakai tapioka lebih kriuk jadi aku suka. Bumbunya kayak yang aku tulis di atas, dikasih potongan daun bawang dan cabe rawit. Hmmmm… suami langsung keenakan kalau makan ini. ^^

Advertisements

14 thoughts on “Kampel (Makanan Rakyat Banyumas)

    • ih pernaahhhh. paling enak emang pakai sambal kecap, apalagi yang ada campurannya kencur (khas di sini) aduh entahlah! makanya suami kalo pulang jawa minta ini muluuu >,<

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s