Sewing Pouch (Amateur/Beginner)

Bismillahirrahmanirrahim

Hi, aku kembali.

Karena sudah ngurangi jadwal kerja, pagi otomatis lebih longgar waktunya. Boseeen banget ya ternyata, kalau full kerja capek juga. Akhirnya pagi kupakai untuk berkarya, again. Jahit, as always.

Selain bantal peyang, aku jahit nursery cover model cape (asal sih hehe), plus pouch-nya. Tadinya sih nggak mau nulis di sini, tapi Mba Iya minta tutorial meski aku udah bilang ini kacau banget kalau dibandingin sama yang lain. Makanya aku tulis beginner ya, kalau sekadar nampung barang sih oke aja.

Yang kamu butuhin:

  1. Mesin jahit
  2. Benang
  3. Gunting
  4. Jarum jahit
  5. Kain (aku pakai katun motif dan furing dalaman) semua kain sisa yang aku punya
  6. Flanel (aku pakai perca, karena adanya itu ya.. ga punya yang lebar) ini buat pengganti busa tipis
  7. Resleting meteran dan sleretannya (apa sih itu namanya hahaha)
  8. Kemauan (jiahaha)

Step by step:

pouch1 pouch2

  1. Siapkan kain motif (aku pakai katun twill) dan kain polos untuk dalaman (kalau mau motif boleh juga) berukuran sesukamu, berbentuk persegi panjang. Kamu mau pouch ukuran berapa misal ukuran 44 cm x 30 cm, jangan lupa dikasih space untuk jahit kira2 1 cm tiap sisinya.
  2. Siapkan kain flanel seukuran 44 cm x 30 cm yaa. Kalau punya busa sih pakai busa aja boleh. Aku pakai flanel karena adanya itu, itupun perca jadi dijahit dulu hehe.
  3. Resleting sepanjang 30 cm
  4. Pita atau kain yang sudah dijahit untuk pegangan (aku pakai bekas apa ga tau, itu yang warna cokelat)
  5. Pertama jahit resleting dulu. Belinya kan resleting yang meteran, jadi slider dipasang belakangan. Jahit masing-masing belahan kain dengan resleting yang sudah dilepas, kanan dan kiri. Supaya rapi, jangan lupa lipat bagian kain ke arah dalam supaya flanel tersembunyi.
  6. Setelah resleting terjahit, pasang slider (bagian depan dulu yang dimasukkan, sejajar kanan kiri). Sudah bisa ditutup? Pastikan rapi dan tertutup semua. Nah di bagian ini harusnya ada bottom dan top stop yang dipasang pakai tang, tapi aku pun baru menyadari saat itu dan males belinya, jadi nggak pake begituan. Juga, supaya rapi harusnya pakai kain lagi supaya ujungnya nggak kelihatan.
  7. Setelah resleting terpasang, balik kain. Jahit bagian kanan kiri. Pastikan juga flanel sudah tertutup rapi di dalam lipatan kain ya. Kalau mau gampang sih tinggal jahit saja, tapi suka berudul. Jangan lupa kunci ujung-ujung resleting ya, jahit sekalian.
  8. Supaya pouchnya bisa berdiri, bagian ujung bawah kita jahit ujung-ujungnya. Lihat gambar ya, nanti buat garis seimbang lalu jahit.
  9. Pouch siap dibalik. Daaan siap digunakan untuk sendiri.
  10. Selamat mencoba ya, semoga hasilnya lebih bagus hehe.

Advertisements

2 thoughts on “Sewing Pouch (Amateur/Beginner)

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s