10 Hal yang Ibu Hamil Rasakan

Bismillahirrahmanirrahim

Ala-ala apa deh ya. Tapi aku pengen nulis di sini tentang apa aja yang aku rasakan waktu hamil. Mungkin nggak semua ibu hamil rasakan, tapi kadang sama juga sih.

  1. Tulang ekor sakit. Sejak belum tahu kalau hamil entah kenapa sign ini yang bikin aku mengira kalau aku memang hamil. Rasanya kayak kesetrum. Dan sampai bulan-bulan berikutnya kadang tu ekor masih suka nyeri meski nggak lebay.
  2. Mual, muntah. Ini juga nggak semua orang. Dan aku termasuk yang kadarnya ringan banget. Pagi dan sore hari. Masih mau makan, bahkan kalau abis keluar pengennya diisi nasi dan kuah anget. Alhamdulillah bulan ke-4 udah hilang.
  3. Kram. Sekitar usia kehamilan 6 bulan, kalau nggak sengaja nguletin kaki bangun tidur insyaAllah akan kram haha. Abis itu langsung bangunin orang suruh ngelus-ngelus kaki karena sakit. Kadang langsung ilang, kadang masih bertahan seharian. Tapi jarang alhamdulillah, jadi nggak berani gerak ekstrem soal kaki.
  4. Pee berkali-kali. Ini sejak sebelum ketahuan hamil udah mulai. Apalagi pas hamil gede, malem bisa bangun berkali-kali cuma buat pee.
  5. Pup berkali-kali. Sehari bisa makan lebih dari 3x dalam porsi kecil-kecil. Jadi pup – nya juga berkali-kali ampe 3 x kadang. Hehe. Alhamdulillah nggak konstipasi. Suami ampe sebel kalo pas lagi telponan aku minta ijin puppu :p katanya tiap kali telponan kok puppu. Iya, soalnya kalo abis makan selalu pengen puppu.
  6. Nyeri pangkal paha. Ini udah dari awal kehamilan. Sampe kirain symphisis syndrom, ampe yang susah banget jalan. Sempat ngarah skoliosis juga. Tapi alhamdulillah yang parahnya gak lama. Abis itu pas hamil gede mulai nyeri-nya kalau ubah posisi tidur dari miring kiri ke kanan atau sebaliknya. Sakitnyaa…
  7. Jerawat. Oke, mukaku emang nggak mulus. Tapi pas hamil awal-awal tu jerawat ampun deh. TM 2 mulai agak normal. TM 3 agak suka nongol lagi. Ya emang males ngerawat wajah sih, semua obat jerawat nggak aku pake. Nggak perawatan juga, sayang uang.
  8. Sesak nafas. Di TM 3 terutama, udah nggak bisa terlentang lama. Bahkan miring pun harus posisi yang PW. Perut harus ada ganjelan tipis, kaki juga diganjel, dagu diganjel jugak.
  9. Labil. Katanya ibu hamil emang labil, gampang nangis, gampang marah. Meski nggak parah, tapi aku merasakannya. Sekali waktu yang nangis mulu karena suami balik ke rantau. Nangisnya bisa panjang dan berkali-kali.
  10. Lemot. Kalau ngobrol, nyandaknya agak lama. Nyebelin juga sih, soalnya bikin yang lain kesel ngobrolnya. Tapi tetep minta dikasihani karena nggak tahu kenapa emang gitu yang terjadi.

Ada yang mau menambahkan? ^^

Advertisements

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s