Ikhtiar Hamil

Bismillahirrahmanirrahim

(Baru) 8 bulan menanti. Untuk yang sudah pernah menanti, pasti tahu rasanya. Rasanya selalu ditanya, “Udah isi?” Rasanya dipojokkan, “Kapan nyusul (suami)nya.” Tapi keluargaku nggak pernah begini alhamdulillah, ya ada sih beberapa.  Temen-temen deketku juga alhamdulillah nggak suka nanya macem-macem. Jadi ga males gabung. Bapak sama ibu juga nggak pernah maksain, malah nguatin kalo aku sedih abis kedatangan bulan. Adekku nggak kayak adek atau kakak kebanyakan yang sangat mengharap keponakan, dia cuek secuek-cueknya. Makanya dia nggak pernah nanya sama sekali. Kita kan bukan tanpa ikhtiar, betul kan buibu? Hehehe. Tulisan ini murni untuk sharing, bukan menggurui, bukan sok, bukan pamer, karena aku juga sering curhat-curhatan sama temen-temen yang lain baik yang sudah punya anak maupun yang sama-sama menunggu 😀

Ada buku doa dzikir supaya hamil. Juga amalan-amalan yang aku dapat dari internet, teman, dll. Juga mempelajari cara berdoa yang benar. Waktu-waktu mustajab. Hal serupa juga aku lakuin waktu lagi menanti jodoh 🙂

Buku-buku yang aku baca, beli di pameran, itu semacam : Mengapa Doaku tidak dikabulkan juga ya? , Ya Tuhan Beri Aku Anak (cuma karena liat judulnya aja -_-), lalu membaca lagi buku yang dulu pernah dibelikan tapi belum selesai baca yaitu : Six Years in Waiting.

Saat buku Twivortiare terbit, buku Ika Natassa ini bercover gambar Baby Crib. Aku beli buku itu dan menahan diri sampai masanya datang bulan. Kalau memang datang, maka buku itu akan menjadi award sendiri buatku. Dan ternyata memang datang, sedih dong.. Akhirnya langsung dibuka bukunya kulahap. Tapi waktu di akhir ternyata tokohnya akhirnya hamil, malah aku jadi iri! Hahahaha.

Untuk waktu mustajab, aku kumpulkan dari berbagai sumber monggo dicek lagi kalau mau.

  1. Setelah shalat fardhu
  2. Sepertiga malam terakhir
  3. Sewaktu hujan
  4. Sewaktu adzan
  5. Antara adzan dan iqamah
  6. Ashar hari jumat
  7. Hari jumat
  8. Saat didzalimi
  9. Saat sujud (ingat doanya harus yang bukan dari Al-quran ya)
  10. Sebelum salam (saat shalat)
  11. Doa orangtua

Adab berdoa

  1. Penuh harap
  2. Memuji Allah lebih dahulu
  3. Mengangkat tangan di depan dada
  4. Dengan rasa bahagia (terutama) dan penuh harap

Amalan doa-doa

  1. Rabbi habli minashhalihin
  2. Rabbi habli milladunka dzurriyatan thayyibatan innaka sami’ud du’a
  3. Rabbi laa tadzarni fardaw wa anta khairul waritsin
  4. Memuja asma Allah : Yaa awwal, Yaa Salam, Yaa Mujib, Yaa mushawwir (yang terakhir ini katanya 100 x setiap habis shalat)
  5. Berdoa setelah shalat (terserah biasanya gimana sih, kalau aku ini) : dzikir Astagfirullah 3x, Subhanallah 33x, Alhamdulillah 33x, Allahu Akbar 33x. Laa ilaha ilallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu yuhyii wa yumiitu wahuwa ‘alaa kulli syaiin qadiir (10 kali setelah subuh-magrib), ayat kursi, al-fatihah + al ikhlas + annas + alfalaq 

Untuk artinya mohon dicari sendiri ya (sekalian nanti memperbaiki panjang pendeknya bacaan khawatir salah). Supaya saat membaca, meresap sampai ke hati dan ubun-ubun (halah)… Bagusnya dihafalkan :’) Aku beberapa kali memberi tips ini buat teman yang sama-sama menunggu, dan mereka sudah hamil alhamdulillah.

Melunasi hutang. Usahakan lunasi hutang baik itu barang pinjaman maupun uang.

Minta maaf. Pada siapapun termasuk orangtua dan orang yang pernah tersakiti.

Jauhi makanan haram dan syubhat (tidak tahu halal-haramnya).

Sunnah. Dhuha (4 rakaat) untuk membangun rumah di syurga dan memohon rizki yang baik, yang jauh, dll. Tahajud. Shalat hajat. Sedekah (suami juga harus ikut andil, terutama setelah shalat jumat). Minta doa dari siapapun, termasuk yang bertanya (aamiin, mohon doa). Manfaatkan teman dan keluarga yang ke tanah suci untuk titip doa. Doa anak yatim piatu.

Mendoakan teman yang belum hamil. Meski kadang keduluan ama yang kita doain, kita harus tetap mendoakan tanpa diketahui olehnya ^^ Karena kita juga sedang berdoa yang sama.

Ikhtiar lainnya:

  1. Stop kafein, baik di dalam kopi, teh, coklat, kola (teh masih kadang sih, tapi jarang)
  2. Konsumsi asam folat 400 microgram (udah dari sebelum nikah, kadang bolos karena bosen)
  3. Banyak konsumsi sayur buah sehat
  4. Konsumsi habbatussauda dan madu
  5. Kurma muda boleh. Aku minum bubuknya, dikasih teman, sama dibawain suami teman dari Madinah. Mulai diminum bersama madu sekitar hari kedua haid. Pas suami datang, aku suruh makan sekalian. Sebenernya dikasih juga kurma madu kering yang harus dibubuk, ada 3 kantong dari 2 orang berbeda, bahkan suami dikasih juga sama temennya tapi karena repot nggak kami minum.
  6. Ketahui masa subur 🙂 Meski advice dari seorang dokter dan yang lainnya berbeda. Ada yang tiap hari, ada yang pake spasi. Jangan lupa doa sebelumnya, ini penting.
  7. Berserah, bukan pasrah.

Ada yang mau menambahkan? Boleeeh.

(ditulis 8 bulan yang lalu)

Advertisements

18 thoughts on “Ikhtiar Hamil

  1. Ow shoot…. caffeine is on the list 😆 aku bertahun2 stop kopi tp krn nggak kunjung hamil, akhirnya 2011 mulai ngopi lagi dan sejak 2014 berhenti ngopi dan beralih ke teh.

  2. Back for more serious comment. Semoga lekas hamil ya. Klopun…. Sampe setahun blm hamil, go to the doctor and do some check ups. Both of you should be checked. Man and woman, husband and wife. Ok lah awalnya klo suami gengsi, istrinya check up duluan; terutama klo istri mens nya gak teratur apalagi klo sampe sakitnya parah pas mens. Tp setelah itu, suami juga harus diperiksa. Dan memeriksa kondisi suami itu sangat jauh lebih simpel drpd ngecek kondisi istri yg harus usg transvaginal dll. In my case, it’s a bit problem from my side and a bit from husband’s side. So both of us should do some things to fix the condition.

  3. halo mbak..aku (hampir) 3 tahun menanti nih. hihihi. pertamanya sih emang banyak yang kepo and nyinyir, sampe skrg pun masih ada yg nyinyir. aku cuek aja, so what mau ape lo ? 😀
    btw, kafein ituuu kafeiin…tiap pagi aku ngupi ngupi tjantik, dan tiap malem kalo udah sampe rumah sukanya ngeteh anget. mbak, btw asam folat belinya bebas nih di apotik?

    • ugh, susah banget ngelepas kebiasaan itu >,< awalnya rasanya ga semangat kerjaa hihi
      bebasss… sy pake folavit mba, uhm untuk suami juga bermanfaat juga.. juga tablet zinc sepanjang pengetahuan sy bisa meningkatkan kualitas sper** jadi suami sempat disuruh minum itu wkwk… smoga aa kabar baik mbaa

  4. Gabung group sama baca blog usaha hamil orang lain, paling asyik baca blog orang luar, soalnya mereka lebih terbuka. 🙂

    Dan ke dokter, alhamdulillah waktu itu ke dokter yang bilang kalau haid berantakan saya itu bukan masalah buat hamil.

  5. Salam kenal mbak? pengen ngasih tips, tapi ternyata udah ada deh… hehe, katanya kita harus tahu masa subur mbak, cara ngetest nya pake kalender, bisa pake suhu tubuh (pada saat masa subur suhu tubuh lebih panas) jadi di check suhu tubuh di setiap hari nya, atau cek cairan di ms. V (maaf ya mbak cowok ngomong begini x_x) ada cairan di vagina yang kalau ga salah namanya cairan serviks, dimana pada masa subur dia akan lebih kental, biasanya siklus wanita itu kan haid – kering satu – basah (inilah masa subur) – kering dua – haidh lagi… dan biasanya siklus nya konstan.

    Jaga hubungan badan nya di masa subur mbak 🙂 itu yang saya dapet dari buku kontrasepsi islami, nah buat yang pengen jaga jarak, justru sebaliknya.

    Ini hanya ikhtiar mbak, bener kata mbak, berdo’a juga penting karena hasil hanya ada pada Allah SWT.

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s