TORC

Bismillahirrahmanirrahim…

#latepost

Premarital Check up 

Cek Lab Pre marital 

Sebelum menikah, aku melakukan cek laboratorium pre marital. Aku pilih beberapa saja yang menurutku krusial. Hasilnya mengejutkan, IgG toxoplasma tinggi. Padahal aku nggak pernah pelihara kucing (tapi pernah pelihara kelinci, marmut, dkk) Dan aku suka banget lalapan, dan sempat konsumsi raw food beberapa bulan ke belakang. Saat hamil, aku cek lagi karena khawatir. Dan hasilnya meningkat.

Setelah diberi masukan oleh dr. Prita, Sp.OG supaya cek ulang IgG toxo, kemarin aku cek laborat lagi. Sebetulnya diminta sekalian dengan aviditas toxo, cuma setelah tahu mahal banget, ditunda tunggu hasil (harapannya igG turun).

Disarankan juga cek IgG IgM Rubella dan CMV. Agak galau di sini. Butuh tambahan biaya juga untuk cek. Meski pilih laborat dengan harga paling murah. Galau juga, seandainya bisa, pilih IgG saja atau IgM saja untuk menghemat. Sementara kalau lihat paket pre marital, ada laborat yang memasukkan pemeriksaan IgM saja, dan ada yang memasukkan IgG saja. Jadi sebetulnya kalau mau ngirit, periksa yang mana? Seperti yang kita tahu, IgG adalah kekebalan, artinya di masa lalu kita pernah terpapar. Sementara IgM adalah infeksi sekarang.

Akhirnya karena berpikiran riwayat saya berhubungan dengan anak-anak Rubella + CMV + semasa koas dulu, jadi diputuskan untuk pemeriksaan lengkap.TORC minus H.

Besoknya ambil hasil. Dagdigdug. Sepulang puskesmas mampir kan, kubawa pulang. Dan ternyata IgG toxo naik 5 angka. IgG CMV + 41. Ahhhh.. kenapa bisa beginiiiii. Alhamdulillah IgM negatif semua. Konsul lagi ke dokter Prita. Memang, pendapat dokter OG beda-beda. Ada yang berpendapat kalau IgG yang + santai saja. Ada yang menyarankan pengobatan.

dr. Prita menyarankan untuk cek aviditas. Setahu saya sih untuk melihat sudah berapa waktu yang lalukah saya terpapar? Menentukan perlu terapi atau tidak. Sementara belum, tapi kita lihat saja nanti.

#edit

Akhirnya aku melakukan pemeriksaan aviditas toxo. Apa itu? Mudahnya, dengan cek ini kita tahu infeksi (lama) toxo itu sudah lebih dari 4 bulan yang lalu atau baru terjadi belakangan ini saja. Lupa harganya, tapi lumayan juga. Apabila indeks aviditas > 0,3 atau high avidity (tergantung reagen yang digunakan), berarti infeksi terjadi > 4 bulan, dan apabila indeks aviditas < 0,2 atau low avidity, berarti infeksi terjadi < 4 bulan.

Alhamdulillah hasilnya high avidity. Aman, insyaAllah. Untuk IgG CMV ku, oleh dr Prita Sp.OG disarankan untuk (kalau mau) konsumsi obat imunitas. Oleh DSOG ku di sini, dengan hasil IgG Toxo ku yang tidak terlalu tinggi, dan hasil IgG CMV ku itu.. tidak perlu pengobatan. Hanya jaga kesehatan, jangan drop. Alhamdulillah, di saat sebelum hamil bisa beberapa kali tumbang dalam sebulan karena migrain, atau flu beberapa bulan sekali, saat hamil bisa dibilang sehat sekali.

Jadi, kalau ada kesempatan waktu dan biaya, bagus sekali untuk cek TORCH (aku nggak cek H(erpes), hemat biaya). Salam sehat ya.

13 thoughts on “TORC

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

