KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi)

Bismillahirrahmanirrahim

Nyuntik anak orang, atau istri orang sih pernah. Dan setelahnya, kita nggak pernah tahu apa yang terjadi pada mereka.

Dan, apa yang terjadi pada bocah-bocah setelah diimunisasi? Si bayi sudah 4 kali imunisasi. Tiap bulan! Dan imunisasi terakhir bikin emaknya aras-arasen alias males untuk imunisasi berikutnya, hihi.

Makin ke sini tampaknya bayi sudah makin ngerti kalau imunisasi itu sakit! Di imunisasi DPT (Pentavalen) pertama, bayi belum terlalu parah ewelnya. Cuma memang lesu sehari semalam. Demam di malamnya (karena nggak pakai yang minimal demam) ngeruntuh dan malaise. Demam sampai 38,5 kalau nggak salah, masuk paracetamol drop sekali besokannya udah bisa cengar-cengir lagi.

Imunisasi PCV (tambahan) pas disuntik dia nggak nangis, 1 detik setelah dicabut injeksinya baru deh dia ngeh kalau harus nangis. Tapi langsung gendong, berhenti seketika. Malemnya agak rewel, minta gendong, nangisnya lebih keras dari biasanya, dan subfebris aja nggak sampai minum paracetamol.

Akhirnya jadwal DPT 2 tiba, hiks.. ga suka deh sama DPT haha. Vaksin yang minimal panas (yang harganya lebih mahal ituu) emang lagi langka, katanya registrasinya yang sedang bermasalah. Jadi, lanjut pentabio seperti biasa. Buset deh. Ini anak jadi nggak mau nyusu, minta gendong sepanjang hari bahkan tidur nggak mau ditaro, ngerintih, dan.. pas siang abis diimunisasi itu tangisan terkeras sepanjang sejarah hidupnya. Mimo-neneknya sampai gemeteran sekujur tubuh. Bahkan yang biasanya digendong langsung anteng, dia nggak mau berhenti, seakan batas maksimal suaranya dia pake.

Akhirnya aku masukin paracetamol buat anti nyeri, kali aja dia ngerasa sakit banget.. dan kayaknya emang bekas injeksi dia bengkak dikit. Setelah digendong sambil naik-turun macam scotjump gitu.. akhirnya dia tidur di gendonganku. Dan selama 3 hari dia nggak mau senyum lebar main seperti biasa, dan nyusu nya pun harus nunggu dia setengah sadar, atau disendokin itu juga dikit doang. Selama itu pula aku migrain. Bolak-balik minta maaf ke bayi dan baru bisa nempelin kantong air dingin ke paha bekas injeksi. Dan di hari ke empat dia kembali mau teriak dan ketawa riang, hepiii!

Sekian dan terima kasih. Bulan depan injeksi lagi.. arrrr.

Advertisements

6 thoughts on “KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi)

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s