Kembung Kuah Kenari

Bismillahirrahmanirrahim

Maap banget ya berasa blog masakan nih. Soalnya lagi ikut 5 days Food Challenge gitu haha. Udah gitu lagi berusaha nurunin kolesterol Bapak tanpa obat 😦 Tapi kayaknya masakannya kurang cepet nurunin, kalo mau cepet mah harus sama sekali nggak pake minyak. Ini dimasaknya masih pake minyak matahari, sedikit aja buat numis bumbu biar nggak bau mentah.

SONY DSC

Untuk kuah kuning ini seperti resep nurunin kolesterol waktu Ramadhan dulu, aku ganti santan pakai kemiri. Selain itu karena punya kacang kenari Ternate, aku masukin juga supaya gurih. Lagipula kacang-kacangan pada jumlah wajar juga bisa nurunin kolesterol.

Oke langsung ke resep ya. Ini gampil abis deh pokoknya.

Bahan :

  1. Ikan kembung yang dipotong, dibersihkan, kecrut jeruk nipis (aku sih enggak, males)
  2. Bawang merah + putih + cabe rawit merah + kemiri + kenari + garam > HALUSKAN
  3. Daun kemangi dipetikin
  4. Gula merah
  5. Cabai rawit utuh
  6. Jahe keprek
  7. Daun salam + lengkuas iris

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus pakai sedikit minyak (pakai olive yang extra light juga boleh) sampe harum mewangi
  2. Tuang air secukupnya
  3. Cemplungin ikan kembung, masak sampai matang berubah warna
  4. Masukkan daun salam dan lengkuas yang diriis, juga jahe keprek untuk mengurangi amis. Masukkan juga cabai rawit utuh untuk menambah semarak suasana wajan
  5. Ikan sudah matang, masukkan daun kemangi. Angkat

SONY DSC

SONY DSC

Advertisements

Sup Fillet Gurameh

Bismillahirrahmanirrahim..

SONY DSC

 

Nanana! Perasaan masakan doang ni isi blognya, hehe. Lagi menyerap ilmu memasak lagi soalnya. Tadinya si biar khadimat yang masak, aku mulai ngeracik pagi tadi. Tapi siangnya ditawarin suruh masak sekalian, ya udah lah buat melatih kemampuan memberi bumbu. Karena masak memang harus dilatih, kan. Aku aja yang udah seneng masak dari lama, belum luwes bikin masakan rumah.

Kalau sup ikan yang ini beda sama sup ikan buatanku yang biasa, bumbunya aja sih yang membedakan. Sup ikan ini kesukaan si bapak, apalagi kalau kepala gurameh, patin, atau ikan mas. Ikan-ikan itu lembut banget kalau dibikin sup.. nyamnyamnyam. Ini versi bumbu lebih lengkap. Simak? Oke 🙂

Bahan:

  1. Fillet ikan gurameh (ini beli di pasar ikan Purbalingga, minta aja sekalian di fillet, buat dibikin goreng tepung aslinya sih.. hehe) lumuri jeruk nipis supaya amis berkurang
  2. Kepala ikan gurameh (optional ya, tadi karena ada kepala makanya ikut masuk)
  3. Kembang kol, potong, cuci bersih
  4. Kubis
  5. Tomat merah dan hijau
  6. Cabai rawit merah dan hijau buang tangkainya
  7. Daun bawang + seledri
  8. Daun kemangi
  9. Daun salam, laos iris, daun jeruk, sereh potong menyamping, jahe keprek
  10. Bawang putih keprek + bombay iris
  11. Gula + garam
  12. Wortel potong besar
  13. Merica haluskan + pala bubuk

Cara:

  1. Rebus air sampai mendidih, masukkan wortel
  2. Masukkan bawang putih + bombay + garam + gula + merica + pala
  3. Masukkan ikan
  4. Masukkan laos / lengkuas, daun salam, daun jeruk, sereh/kamijara, jahe
  5. Ikan sudah matang dan berubah warna, masukkan kubis, kembang kol
  6. Masukkan tomat, cabai rawit, daun bawang, seledri
  7. Koreksi rasanya, perlu tambahan gula garam?
  8. Masukkan daun kemangi
  9. Angkat, nikmati 🙂

 

SONY DSC

 

Ngebayangin suami yang masih di perjalanan di atas awan… hiks… pengen nyodorin ini sup buat dia. *Edisi kangeun, maap yah pemirsa*

Salam sehat, Dapoer HN

Papeda & Ikan Cakalang Kuah Kuning

Bismillahirrahmanirrahim..

SONY DSC

“Coba bikin papeda.” Kata Bapak waktu aku masak cakalang bumbu kuning kemarin-kemarin itu. Rupanya si Bapak terngiang waktu di Ternate kemarin makan papeda pakai ikan kuah kuning.

Hari ini sebenernya ada rencana makan di luar, jarang-jarang kami sekeluarga makan di luar. Tapi pas sore tadi tiba-tiba kepikiran pengen bikin papeda, pas bahannya ada semua di rumah nggak perlu beli. Tapi ini sudah pasti menggagalkan rencana makan di luar, haha, yasudah makan di luar lain kali mumpung lagi semangat masak. Jam 5 sore kurang mulai masak.

Pas juga si Ibuk bilang, “Itu cakalang (asap)nya diabisin buruan, udah lama (di kulkas).

Pas bener, aku juga lagi niat. Searching resep sebenarnya, karena nggak punya sagu, punyanya Tepung Tapioka Sagu Tani. Ada resepnya!

Ngubek-ubek lemari cari santan, yahh ga ada.. yaudah pake kemiri aja dah. Ternyata di resep memang nggak pakai santan, ahseek. Minta Ibu metikin kemangi di halaman, hihi. Kemangi ini nggak tahu tumbuh dari mana. Dulu sih suka nyebar biji kemangi tapi nggak tumbuh juga, eh nggak ditunggu malah tumbuh. Seneng bangeeet.

Aku pakai resep dari sini nih… 

RESEP IKAN KUAH KUNING

Bahan :

  1. Ikan cakalang asap, potong 4 bagian (bisa diganti ikan kembung atau tongkol)
  2. Daun kemangi
  3. 1 buah cabai merah iris memanjang
  4. 3 buah bawang merah + 2 buah bawang putih + cabai rawit merah 2 buah + 3 butir kemiri + kacang kenari secukupnya (pas ada oleh-oleh Ternate juga) + 1 ruas jahe + 1 ruas kunyit + garam + gula >> haluskan
  5. cabai rawit hijau utuh semaunya
  6. salam
  7. sereh geprek (ga pake, ga ada)
  8. tomat merah (ga pake juga)

Cara :

  1. Tumis bumbu halus sampai wangi
  2. Tuang air kurleb 500 cc > didihkan
  3. Masukkan ikan cakalang
  4. Masukkan cabai merah iris, cabai rawit hijau, salam, sereh & tomat (kalau ada)
  5. Tunggu meresap
  6. Tambahkan daun kemangi
  7. Angkat, sajikan

RESEP PAPEDA

Bahan :

  1. Tepung Tapioka Sagu Tani 100 g
  2. Air 1000 cc
  3. Garam
  4. Gula

Cara :

  1. Tepung tapioka diencerkan dengan 300 cc air biasa sampai rata (sambil ngerebus 700 cc air)
  2. Beri garam gula
  3. Tuang 700 cc air mendidih sedikit demi sedikit sambil diaduk
  4. Kalau warna masih putih, aduk terus sambil dipanaskan di api kecil sambil terus diaduk hingga berwarna bening (lumayan pegel nih bagian inih)
  5. Setelah bening merata, siap disajikan
SONY DSC

Ikan Cakalang Kuah Kuning

SONY DSC

Dengan Papeda

Kalo kata Bapak, ini mirrrrippp banget rasanya sama yang asli. Hihi.. seneng deh.. Btw ini buat hadiah milad Bapake yaaa ^^ Love u Pak!

SONY DSC

Lumpia Cakalang

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Ups. Maaf ya buat yang lagi shaum, siapa tahu bisa buat ide buka nanti, heheh. Tiba-tiba pengen bikin sesuatu, terbitlah ide lumpia ini. Sebenernya pengen bikin isian ayam, tapi si abang sayur ngga jualan ayam. Akhirnya pakai cakalang asap oleh-oleh Bapak dari Ternate kemarin itu (belum abis jugaa).

Aku tuh ya kalo masak eksperimental suka bingung, masak terlalu banyak nggak ada yang makan :’) . Makanya untuk baking jarang banget deh, kami sekeluarga agak kurang suka jenis cake-tart dll gitu.. kalau bikin pie apel aja butuh waktu berhari-hari ngabisin. Nahlo. Mau dimodif resepnya, suka jadi gagal malahan. Yasudah, jarang lah baking. Kalau bikin makanan pun sebisa mungkin nggak terlalu banyak, takut jadi mumi di kulkas saking nggak dimakan-makan. Jadi kali ini bikin secukupnya.

Cekidot ya resep simpel kali ini!

Bahan:

  1. Kulit lumpia
  2. Wortel 1 buah potong korek api
  3. Telur 1 butih, kocok halus
  4. Tauge segenggam
  5. Cakalang asap suwir dagingnya, cukup bagian ekor
  6. Daun bawang, iris
  7. Bawang putih 2 butir, keprek, cincang
  8. Bawang bombay cincang
  9. Minyak ikan
  10. Kecap manis
  11. Garam
  12. Merica

Cara:

  1. Tumis telur, orak-arik, sisihkan
  2. Tumis bawang putih dan bawang bombay sampai wangi
  3. Masukkan irisan wortel dan cakalang suwir
  4. Beri garam, minyak ikan, merica, secukupnya
  5. Masukkan tauge dan daun bawang
  6. Masukkan kecap manis secukupnya
  7. Isikan pada kulit lumpia (taruh sesendok isian di tepi, lipat, lipat dulu bagian kanan dan kiri kulit, lalu gulung sampai habis, kunci dengan kuning/putih telur)
  8. Goreng, sajikan, nikmati!

SONY DSC

NB : Ini kulit lumpianya udah agak kering, dari penjualnya, jadi agak bolong-bolong.  Kalo kata khadimat, ada tukang yang jual kulit masih basah tapi kebanyakan sore hari, boleh juga tuh dicoba.

DapoerHN – Sup Ikan Kuah Paprika

Bismillahirrahmanirrahim

 

Dari kemarin aku kan nitip ibu beli ikan di Pasar Ikan Purbalingga sekalian pulang kantor, kangen makan ikan. Akhirnya dibeliin ikan gurameh fillet (sesuai pesananku, hehe) plus kepala-kepalanya.

Pagi tadi ibu nanya, “Itu ikannya nggak dimasak?”

Akunya santai aja karena hari ini lagi males, termasuk males masak.

Sorenya, giliran bapak, “Mau masak sop kepala ikan ya?”

Hadeh, itu nanya atau minta yaaa? Akhirnya karena memang sudah nggak ada lauk di meja (lah ya emang nggak masak, pagi tadi beli makan di Sunday Morning GOR). Akhirnya cek-cek kulkas. Bikin sup ikan kan emang harus ada bahan penopang yang cukup lengkap, kalo ga lengkap gimana mau bikin? Bisa gagal kali ya. Tapi pas ngecek, meski pas-pas-an lumayan lah ada cabe rawit, daun jeruk meski cuma selembar, tomat dan jahe, ini penopang yang lumayan menunjang rasa. Kalau nggak ada, mungkin rasanya kayak sup biasa. Daun kemangi juga kalau bisa ada, pakai belimbing wuluh lebih syedap, tapi lagi nggak ada.

DSC_0485

 

Bahan :

  1. Kepala ikan gurami dan fillet
  2. Bombay 1 buah (potong jadi 4)
  3. Daun bawang (iris panjang, dan irishalus)
  4. Paprika (potong dadu)
  5. Bawang putih keprek 4 buah
  6. Margarin 1 sdm
  7. Tomat 1 buah
  8. Saus tiram 1 sdt
  9. Jahe keprek 3 ruas
  10. Garam, gula, merica bubuk
  11. Cabe rawit (merah atau hijau boleh) utuh 7 biji

Cara :

  1. Siapkan panci, lumerkan margarin
  2. Tumis bawang putih dan bombay
  3. Tuang air sesuai keinginan (aku pakai 1500 ml) tunggu mendidih
  4. Masukkan kepala ikan gurami dan fillet daging (sebaiknya direndam perasan jeruk nipis / lemon + garam supaya mengurangi amis, tapi meskipun tidak jangan khawatir karena jahe juga menghilangkan rasa amisnya)
  5. Beri garam, gula, merica (ini pakai ilmu cocok-cocokan di lidah ya, hehe)
  6. Matangkan ikan
  7. Masukkan tomat, jahe, cabe rawit, saus tiram
  8. Masukkan paprika dan daun bawang
  9. Wanginya asik! Angkat (Bagus lagi taburi bawang goreng)

 

Kandungan gizi paprika