dapoer HN

Pokcoy Siram Tahu

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Ibu pulang dari pasar bawa pokcoy, tahu, jamur kuping kering dll. Pas banget aku lagi pengen bikin pokcoy siram. Karena tahunya adanya kuning, aku pakai tahu kuning aja.

Secara umum resepnya aku lihat RESEP INI KLIK AJA. Cuma nggak pakai ayam dan kaldu ayam.

Langsung masak ya!

  1. Rebus jamur kuping kering, iris-iris kecil.
  2. Tumis bawang putih keprek 2 biji dan bawang merah iris 1 biji. Masukkan paprika iris. Udang.
  3. Beri garam, gula, merica
  4. Masukkan jamur, beri minyak wijen. Masukkan tahu. Tahu dipenyet-penyet. Tuang air secukupnya.
  5. Masukkan saus tiram dan kecap asin bila suka.
  6. Beri 1 sdm tepung maizena yang diencerkan untuk mengentalkan kuah. Matikan api.
  7. Rebus pokcoy, angkat setelah layu. Celupkan di air es supaya hijaunya tetap segar. Siram dengan kuah tahu.

SELAMAT MENIKMATI ^^

SONY DSC

Advertisements
dapoer HN

Kembung Kuah Kenari

Bismillahirrahmanirrahim

Maap banget ya berasa blog masakan nih. Soalnya lagi ikut 5 days Food Challenge gitu haha. Udah gitu lagi berusaha nurunin kolesterol Bapak tanpa obat 😦 Tapi kayaknya masakannya kurang cepet nurunin, kalo mau cepet mah harus sama sekali nggak pake minyak. Ini dimasaknya masih pake minyak matahari, sedikit aja buat numis bumbu biar nggak bau mentah.

SONY DSC

Untuk kuah kuning ini seperti resep nurunin kolesterol waktu Ramadhan dulu, aku ganti santan pakai kemiri. Selain itu karena punya kacang kenari Ternate, aku masukin juga supaya gurih. Lagipula kacang-kacangan pada jumlah wajar juga bisa nurunin kolesterol.

Oke langsung ke resep ya. Ini gampil abis deh pokoknya.

Bahan :

  1. Ikan kembung yang dipotong, dibersihkan, kecrut jeruk nipis (aku sih enggak, males)
  2. Bawang merah + putih + cabe rawit merah + kemiri + kenari + garam > HALUSKAN
  3. Daun kemangi dipetikin
  4. Gula merah
  5. Cabai rawit utuh
  6. Jahe keprek
  7. Daun salam + lengkuas iris

Cara membuat :

  1. Tumis bumbu halus pakai sedikit minyak (pakai olive yang extra light juga boleh) sampe harum mewangi
  2. Tuang air secukupnya
  3. Cemplungin ikan kembung, masak sampai matang berubah warna
  4. Masukkan daun salam dan lengkuas yang diriis, juga jahe keprek untuk mengurangi amis. Masukkan juga cabai rawit utuh untuk menambah semarak suasana wajan
  5. Ikan sudah matang, masukkan daun kemangi. Angkat

SONY DSC

SONY DSC

dapoer HN

Misoa Salmon Saus Tiram

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Tadi pagi pengen nyiapin makanan no kolesterol buat bapak, tapi karena telat nyiapinnya akhirnya nggak kemakan. Masaknya 3 jenis. Tahu bacem, Oseng tahu, Misoa Salmon. Siangnya bikin sop bakso tahu sama lumpia bihun.

Nah untuk misoa salmon ini resepnya asal 😀 Tadinya mau bikin salmon saus aja, tapi karena bentukan salmon fillet nggak bagus (beli di pasar wage, 1 ekor doang 13 ribu kalau nggak salah) jadi aku masukin misoa (masih punya stok sisa) buat nambahin.

SONY DSC

Caranya gampang :

  1. Tumis (pakai minyak matahari kalau aku, yang penting nggak terlalu banyak minyaknya ya) paprika, bombay, bawang putih, rawit merah sampai harum
  2. Masukkan salmon fillet
  3. Tambahkan garam, saus tiram, saus cabai, lada hitam. Beri air sedikit
  4. Salmonnya matang, bumbu resap. Masukkan misoa.
  5. Done!

Psst ini bukan salmon mahal yang ada di supermarket itu yaa. Sampai sekarang aku belum pernah beli yang begitu, too much. Tapi ini ikan salmon, kata penjual di pasar. Usut punya usut, salmon ini adalah nama lain dari salem. Dalam bahasa inggris, salmon seringkali diterjemahkan dengan salem. Nah, ikan ini tampaknya ikan salem. Jadi mungkin dia adalah ikan SALEMON, haha. Whatever tapi ikan ini enak untuk dimakan. Dan yang jelas masih jauh lebih murah dibandingkan ikan salmon mall itu.

dapoer HN, herstory

Soto Ayam Kuah Kuning

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Bingung kan sama judul resepnya? Ya lah aku juga bingung. Ini mau bikin soto lamongan, atau soto semarang, aku aja nggak paham. Hehe. Berbekal resep dari khadimat, aku bikin soto ini. Yang jelas hasilnya enak dan bisa dimakan, haha. Diusahakan cuma pakai minyak baru sesedikit mungkin, dan no msg. Kalau yang rasanya menggugah dan enak bangetngetnget kayak di warung-warung, mungkin karena minyaknya cukup banyak jadi buat ngeluarin rasa dari bumbu, dan msg tentu buat kuah kaldunya.

the recipe!

Bahan :

  1. Ayam bagian dada
  2. Tauge, rendam air panas
  3. Sohun, rendam air panas
  4. Kubis, iris
  5. Tomat, potong kecil
  6. Bawang merah/putih goreng

Bumbu :

  1. Bawang bombay seperempat, iris
  2. Bawang putih 3 btr, Jahe 1 ruas, keprek
  3. Kunyit 2 ruas, bakar, kupas kulitnya, keprek
  4. Kemiri 2 butir, haluskan
  5. Merica bubuk
  6. Pala bubuk atau butir diulek kasar (sedikit saja)
  7. Daun jeruk (kalau ada, aku nggak pakai)
  8. Lengkuas, iris
  9. Daun Salam 4 lembar
  10. Sereh keprek 2 buah
  11. Garam, gula, minyak
  12. Daun bawang, iris
  13. Cabai merah + rawit merah

Cara membuat :

  1. Rebus ayam yang sudah dicuci bersih, buang busa-busa yang mengapung di air
  2. Tumis : bombay + kemiri halus + bawput keprek + jahe keprek + kunyit keprek dalam 1 sdm minyak panas
  3. Masukkan tumisan bumbu ke dalam rebusan ayam,
  4. Tambahkan lengkuas, daun salam, sereh, daun jeruk
  5. Beri garam, gula, merica, pala (ini biasa deh, pake feeling.. koreksi, koreksi)
  6. Angkat ayam yang sudah matang, suwir-suwir, masukkan lagi ke kuah (sengaja, nggak digoreng ayamnya)
  7. Sudah dicicip? Masukkan daun bawang iris, angkat..
  8. Tata tauge, sohun, kubis, tomat, daun bawang, tuang kuah + ayam suwir, taburi bawang goreng, beri sambal..
  9. Mau tambahin nasi, telur rebus, emping, kecrutin jeruk nipis, lebih lazizzzz 🙂
  10. Selamat menikmati!

Sambal :

  1. Rebus cabai merah dan rawit merah
  2. Ulek, beri garam sedikit, sudah deh..
SONY DSC
Siap disajikan

SONY DSC

 

Pakai nasi merah putih
Pakai nasi merah putih
Tuang kuahnya, pakai sambal, bawang goreng
Tuang kuahnya, pakai sambal, bawang goreng

SONY DSC

Salam dari dapoer HN ^^