dapoer HN

Masakan Hari Ini

Bismillahirrahmanirrahim

Kemarin sore kami sekeluarga ke rumah Eyang, sowan. Sudah lama nggak ditengok, padahal harusnya tiap minggu ke sana. Eyang putri sudah sepuh, kalau diajak tinggal di rumah anak-anaknya selalu menolak, mau jaga rumah. Nah, kami biasanya bawa makanan yang mudah dikunyah sama eyang yang sudah nggak punya gigi, hihi. Tapi ini ceritanya bukan soal makanan itu sih.

Eyang itu orangnya hemat dan teliti, juga mudah mikir. Tapi bersyukur, karena dengan itu juga sampai sekarang masih belum pikun. Suami cuma titip salam karena nggak bisa ikut, iyalah kan jauh. Salamnya : dari cucu mantu yang paling ngganteng (iyalah, belom ada saingannya).

Sampai di rumah, karena siangnya bapak-ibu ada kondangan, otomatis harus nyiapin makanan buat sendiri. Padahal karena ngejar waktu tadi, nggak sempet mampir ke pasar beli sayuran. Alhasil semua isi kulkas dikorekin.

Inilah hasilnya:

 

SONY DSC

Ikan gurame tepung saus nanas

Bahan dan Cara :

  1. Ikan gurame fillet (udah lama di kulkas, harus dihabisin) kecrut pake jeruk nipis, bumbui pake bawang putih + garam + merica yang dihaluskan
  2. Ikan di atas, olesin di kocokan telur ayam
  3. Balurkan di atas tepung terigu yang dicampur tepung beras, perbandingan boleh 3:1
  4. Goreng terendam minyak, tiriskan
  5. Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay
  6. Masukkan tomat merah, saus tomat, saus cabai, tambahkan air, garam, merica, jahe keprek
  7. Masukkan potongan nanas, dan potongan mangga muda (memanfaatkan yang ada)
  8. Masukkan gurameh goreng fillet, campur, aduk rata, angkat..

 

SONY DSC

Sup Misoa

Bahan dan cara:

  1. Tumis bawang putih, merica, garam yang dihaluskan dg sedikit mentega 
  2. Tuang air, tunggu mendidih
  3. Cemplungin wortel, tunggu setengah matang
  4. Masukkan kubis, brokoli, daun bawang, tunggu setengah matang
  5. Koreksi rasa, tambah garam, gula, merica, bubuk pala
  6. Masukkan misoa, tunggu lemas, angkat segera
  7. Taburi bawang goreng

 

SONY DSC

Perkedel Jagung Kemangi

Bahan dan cara :

  1. Kocok telur ayam
  2. Ulek bawang putih, merica, garam
  3. Iris kubis, siapkan jagung pipil, iris daun kemangi
  4. Buat adonan telur ayam + tepung terigu + tepung beras sampai kekentalan yang sesuai, masukkan bumbu halus dan sayuran
  5. Goreng di minyak hingga terendam

 

Maap-maap aja posenya sama semuah.. Biasaa kalo moto makanan beginian ga bisa lama-lama, udah laper 😀

 

Salam Dapoer HN yang acak-acakan

Advertisements
dapoer HN

Rice Paper Rolls

Bismillahirrahmanirrahim

Sebenernya ini makanan udah dibuat kemarin, cuma hari ini pengen buat lagi dengan perubahan komposisi. Dalam rangka memberdayakan rice paper yang dibawa adek sepulang dari Tiongkok kemarin. Tapi sih di Pwt juga kayaknya ada deh. Udah lama kepengen juga ini sebenernya. Nah, langsung eksekusi.

SONY DSC

Bahan:

  1. Rice paper
  2. Kol/kubis ungu (yang biasa juga nggak masalah) iris memanjang
  3. Paprika (berwarna2 lebih bagus) iris memanjang
  4. Ayam tepung (beli yang tinggal goreng) iris memanjang
  5. Nanas (kebetulan aja punya, karena pengen ngelutis malah nggak jadi-jadi) iris memanjang
  6. Timun iris memanjang
  7. Saus bangkok

Cara :

  1. Rendam rice paper di air matang, sebentar aja
  2. Tata bahan isian di tengah rice paper, gulung, lipat kayak bikin lumpia gitu lah
  3. Cocol pakai saus
  4. Massshiittta! Enak.. Endeus, Sehat 😀

Selamat mencocool..

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC