dapoer HN

Barongko Pisang

Bismillahirrahmanirrahim

Awalnya nih, pas lihat di Instagram ada yang ngepost jajanan barongko ini. Iseng nyari resepnya kok gampang. Kebetulan punya pisang kepok hasil panenan kebun sendiri. Karena bikin jajanan ini nggak seribet bikin nagasari, jadilah tinggal nyiapin bahan-bahan udah deh voila! Oya, Barongko Pisang ini asalnya dari Bugis, Makassar. Jadi sudah dipastikan, aku sendiri belum pernah makan apalagi buatnya 😀 Tapi ini gampang dan simpel abis.

Aku intip resepnya dari siniTotally copas! Sorry ^^

SONY DSC
Bahan:
10 buah pisang kepok matang (karena pisangnya kecil, aku pakai 12 pisang.
50 gram gula pasir (aku nggak ngukur, cuma kasih 6 sendok munjung gulpas)
1/2 sendok teh garam
1 butir telur, kocok lepas
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
daun pisang untuk membungkus (petik kebun sendirii)

Cara membuat:

  1. Kupas pisang, ambil bagian tengahnya (karena sayang, aku masukin semua sepisang-pisangnya). Haluskan (aku pakai blender).
  2. Campur pisang, gula pasir, garam, telur, dan santan. Aduk rata (pakai blender lagi).
  3. Ambil daun pisang. Sendokkan campuran pisang. Bungkus tum. Semat dengan lidi.
  4. Kukus 25 menit diatas api sedang sampai matang.

Karena bungkusnya nggak besar-besar, bisa jadi 13 bungkus. Nikmati setelah masuk kulkas, enyak (katanya yang aku suruh nyicip) aku sih belum cobain hehe.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

 

 

Advertisements