5 Hal yang Jarang Diketahui Orang Awam tentang Penyakit ‘Jamur’

Bismillahirrahmanirrahim

SONY DSC

Jamur? Apaan tuh. Panu? Tahu dong panu ye kan. Ini penyakit jamur yang paling terkenal selain kadas, kurap, dll yang mana semua itu termasuk dalam penyakit jamur dalam ilmu kulit dan kelamin.

Sebagai penderita, kadang pasien sampai pusing dibuatnya karena sudah diobatin kok masih nggak sembuh juga… Iki piyeee tho. Katanya ini obatnya tapi kok nggak mandi alias nggak manjur.

Ada beberapa tips yang kadang orang awam belum ketahui. Kecuali dia ketemu dokter yang punya waktu luang banyak untuk menjelaskan, itu keberuntungan saudarah.. 🙂

Langsung saja ya…

  1. Dokter tidak selalu berpikiran ‘kamu jorok banget sampe punya jamur di seluruh tubuhmu’ .. Karena para dokter sering melihat yang lebih daripada itu. Jadi nggak perlu malu ke dokter. Itu kebutuhan dan kewajiban merawat dirimu yaaa. Karena kita memang hidup di negara tropis yang mana penyakit ini pasti sering dijumpai.
  2. Cara mengoleskan cream atau salep untuk penyakit jamur adalah dengan melebihkan sekitar 1,5 cm di luar lesi atau penyakit kulit itu sendiri. Jadi, nggak cuma yang putih aja kalau itu panu, yang kamu olesin krim jamur yhaaa.. lebihkan sedikit.
  3. Kelihatan sembuh? Ternyata belum. Nah, biasanya kami sarankan untuk menggunakan obat jamur 1 minggu lebih lama sejak penyakitmu kelihatan menyembuh, karena ternyata itu belum sepenuhnya sembuh… oo ..
  4. Sudah nggak gatal tapi kok masih putih aja nih panu. Nah, hipopigmentasi alias warna putih dari panu itu sulit hilang meski jamurnya sudah pergi. Kadang permanen dan sering menetap. Huhu… jadi? Tunggu regenerasi kulit dan sering berjemur ^^
  5. Jangan gegabah sembarang oles cream atau salep untuk gatal. Penyakit jamur ini obatnya ya anti jamur, bukan yang lain. Tapi kami sering mendapati pasien yang asal ngasih salep gatal. Padahaaalll ada cream / salep yang kontraindikasi sama penyakit jamur ini lhooo… ihhh kami aja para dokter harus hati-hati, jadii.. periksakan saja supaya yakin ya gaeess…

Sekian info dari kami. Terima saran dan tambahan dari para master. Juga koreksi, karena sejujurnya kami ini manusia biasa… ceilah :*

Salam sehat

 

5 hal yang sering terlupa saat persiapan melahirkan

Setiap ibu baru, pertama kali hamil pasti masih bingung dan kagok barang apa yang perlu dibeli. Yang akan kutulis ini bukan menggurui, tapi pengalaman pribadi dan teman saat bayi sudah lahir, dan ternyata masih aja ada barang yang terlupa! Mungkin akunya yang kurang baca kali ya hehehe. Tapi yang mau koreksi dan nambahin boleh banget!

  1.  NURSING BUTTER : which is krim untuk puting lecet. Ini adalah salah satu yang paling penting. Karena banyak banget ibu baru yang selain belum tahu perlekatan, juga bayi kan masih belajar menyusu jadi sebagian besar puting ibu lecet. Ada yang pernah ngalamin rasanya puting lecet dan diisep sama bayi? Nyam. Selain asi yang dioles di puting sampai kering lalu baru ditutup (dan ini nggak ngaruh banyak menurutku) akhirnya aku memutuskan beli krim untuk puting lecet. Berdasar searching aku memutuskan minta dibelikan Palmer Nursing Butter. And.. it works. Alhamdulillah. Begitu juga pada temanku yang aku pinjemin si butter rasa cokelat yang ga perlu dicuci sebelum menyusui itu. Katanya Mantap! 866873
  2. NIPPLE SHIELD : Puting pengganti ini khusus untuk ibu-ibu yang punya puting di bawah rata-rata ya ibu-ibu. Sebetulnya ada sih yang nggak merekomendasikan, ada pilihan menggunakan spuit yang dipotong ujungnya lalu dibalik penyedotnya untuk menyedot puting sebelum menyusui, sakit lhoo. Selain itu juga rajin pumping dan dipompa lebih dulu sebelum menyusui. Tapi tahukah kalian kalau ibu baru rentan baby blues dan stres yaa. Apalagi kalau ASI nya gak sebanjir tetangga instagram. Ini salah satu yang bisa membantu.
  3. MENTAL AYAH BARU : Nggak hanya mental ibu baru yang harus dipersiapkan. Tapi ayah juga. Mereka harus banyak belajar tentang sifat ibu baru, kebutuhan-kebutuhannya, dan harus siaga apabila dibutuhkan. Ayah harus siaga sejak ibu mengalami mulas (kecuali nggak di sisi ya) dan empati pada istrinya. Tahu nggak sih kalau mulasnya ibu mau lahiran itu sakitnya kayak apa? Pernah nonton video di mana ayah – ayah dipakaikan alat supaya dia bisa merasakan apa yang istrinya rasakan saat akan melahirkan? MENYAKITKAN, dan mereka menangis lalu memeluk istrinya. JANGAN malas-malasan mendampingi istri sedang kesakitan, penuhi kebutuhannya, ajak beristigfar. Banyak para ayah mengalami tindakan kekerasan oleh ibu yang akan melahirkan, hehe. Bersyukurlah kalau istri anda tidak demikian. Setelah ibu melahirkan, apresiasi dia, nyatakan bukti cinta ayah, ucapkan terima kasih. Ayah tahu kan kalau banyak darah keluar dari tubuhnya? Perlihatkan rasa terima kasihmu, belai dia, dan tunjukkan kasihmu pada anak kalian itu sangat berharga untuk istrimu yang masih terbaring lelah dan lemah. Saat bayi menangis, sigap menanganinya, mengganti popoknya. Yang butuh banyak tidur kan istri ayah 🙂 Pastikan istri ayah makan makanan yang bergizi yaa, supaya dia tidak seperti zombie. Ayah punya banyak waktu  untuk mengisi perut ^^ Ingat, kalian sudah jadi seorang ayah, yang seharusnya mendahulukan kepentingan anak.
  4. KRIM DIAPER RASH : Nggak semua bayi mengalami ini, tapi kalau sudah mengalami dan kita belum punya persiapan repot jugaa. Contohnya bayi saya diolesin minyak kelapa sama ART karena pengalamannya kalau bayi dikasi VCO jadi muluuuus. Ternyata ruam! Bayangin dong kalau bagian kemaluan lecet dan mengelupas! Ya ampuunn berasa bersalah bangeettt, kirain karena diaper. Untung ada krim diaper rash dari pigeon, beberapa hari oles, mulus lagi dan pakai diaper apapun cocok aja.
  5. MASSAGE PAYUDARA : Masih ada yang mengira kalau pijat payudara sebelum melahirkan tidak boleh, khawatir kontraksi. Padahal ini pentingggg banget untuk kelancaran produksi ASI. Nggak semua ibu langsung penuh PD nya sejak hamil tua lhoo. CEK DI SINI YA. 

Duhh maaf ya kalau ternyata sudah pada tahu semua, hihihi. Ini semata-mata ditujukan untuk para calon ibu dan ayah supaya nggak kecolongan. Tetap sehat, bahagia, dan kompak dengan suami ya bu. Pak suami, sayangilah istri anda yang sedang hamil berkali lipat 🙂 Supaya dia nggak ngambek dan nggak mau hamil lagi gara-gara nggak diperhatikan, hihi.