Tongseng Sapi

Bismillahirrahmanirrahim

Selamat idul adha ya teman-teman. Sudah lihat foto-foto shalat idul adha di Semarang yang bercampur antara jama’ah pria dan wanita? Hum, disesalkan ya. Selama ini seringnya aku shalat di lapangan terbuka, tanpa penghalang apapun, dengan mengerahkan panitia yang masih remaja. Selalu rapi. Tapi, kalau terjadi 2 kali lebaran yang berbeda, terpaksa shalat di masjid dekat rumah. Nah, karena masjid itu tahu sendiri ya, terhalang berbagai macam pagar, pohon, selokan, dan meleber ke jalan. Kadang hal seperti itu terjadi, meski nggak parah banget kayak yang jadi viral sekarang. Karena bagian laki-laki kehabisan tempat, mereka cari tempat di mana di situ juga ada ibu-ibu. Aduh sedih. Sepanjang jalan penuh ibu-ibu, bahkan masuk ke halaman rumah tetangga masjid. Sudah tidak mengindahkan kaidah lagi kan? 😩 sad…

SONY DSC

Eh sudah diapakan daging di rumah? Di hari idul adha, kami nggak punya kebiasaan ber’lebaran’. Maksudnya, menu makanan biasa saja. Tapi karena baru dikirimin bakso dari bude, jadi selain masak biasa hari itu masak bakso. Lagipula daging juga baru selesai dipotong (sapi urutan terakhir sih ya) di siang hari. Hari tasyrik berikutnya rikues rawon. Dan hari ini khadimat udah ga kuat nyium bau daging, hihi, jadi aku yang masak.

Sebelumnya aku belum pernah bikin tongseng yang beneran kayak tongseng. Kali ini aku ambil resep dari IG mba @tiyarahmatiya meski aku nggak yakin biasanya tongseng pakai santan nggak ya?

Mohon ijin saya kopas di sini mba, untuk yang mau mencoba resep berikutnya tolong sertakan sumbernya ya (Dengan sedikit perubahan):

Bahan :

  1. 400 gr daging sapi dipotong kecil
  2. 2 batang serai digeprek
  3. 2 batang daun bawang diiris
  4. 1 buah tomat dipotong
  5. 4 butir kapulaga
  6. 6 butir cengkih
  7. 750 ml air
  8. 1 bungkus kecil (65 ml) santan instan
  9. 6 sdm kecap manis
  10. minyak, gula, garam secukupnya

Bahan halus :

  1. 4 butir bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 1 sdm ketumbar sangrai
  4. 5 butir kemiri sangrai
  5. 2 cm kunyit sangrai
  6. 3 cm jahe

Cara membuat :

  1. Panaskan sedikit minyak
  2. Masukkan daung jeruk dan serai
  3. Setelah harum masukkan bumbu halus, matangkan, masukkan daging sapi, aduk rata dan masak sampai daging berubah warna
  4. Tuang air, masukkan cengkih dan kapulaga, aduk rata sampai mendidih
  5. Tuang santan, masak sambil diaduk, masak sampai daging empuk
  6. Masukkan tomat, irisan kobis, dan daun bawang
  7. Angkat, siap saji

Oya, aku memutuskan untuk nggak pakai presto kali ini. Supaya sari dagingnya lebih kerasa. Tapi tantangannya adalah daging bisa kurang empuk. Jadi aku pakai remasan daung pepaya untuk ngempukin, cuma kurang lama. Kalau aku baca sekitar 30-45 menit, nah aku nggak sabaran. Jadi aku lamain proses perebusan di akhir. Sayuran di tongseng biasanya setengah matang, jadi sayur dimasukkan terakhir kali.

SONY DSC

Selamat mencoba ya semoga sukses.

Advertisements

3 thoughts on “Tongseng Sapi

  1. Pingback: Tongseng Sapi | apriyana puspita sari

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s