Barongko Pisang

Bismillahirrahmanirrahim

Awalnya nih, pas lihat di Instagram ada yang ngepost jajanan barongko ini. Iseng nyari resepnya kok gampang. Kebetulan punya pisang kepok hasil panenan kebun sendiri. Karena bikin jajanan ini nggak seribet bikin nagasari, jadilah tinggal nyiapin bahan-bahan udah deh voila! Oya, Barongko Pisang ini asalnya dari Bugis, Makassar. Jadi sudah dipastikan, aku sendiri belum pernah makan apalagi buatnya 😀 Tapi ini gampang dan simpel abis.

Aku intip resepnya dari siniTotally copas! Sorry ^^

SONY DSC
Bahan:
10 buah pisang kepok matang (karena pisangnya kecil, aku pakai 12 pisang.
50 gram gula pasir (aku nggak ngukur, cuma kasih 6 sendok munjung gulpas)
1/2 sendok teh garam
1 butir telur, kocok lepas
100 ml santan dari 1/4 butir kelapa
daun pisang untuk membungkus (petik kebun sendirii)

Cara membuat:

  1. Kupas pisang, ambil bagian tengahnya (karena sayang, aku masukin semua sepisang-pisangnya). Haluskan (aku pakai blender).
  2. Campur pisang, gula pasir, garam, telur, dan santan. Aduk rata (pakai blender lagi).
  3. Ambil daun pisang. Sendokkan campuran pisang. Bungkus tum. Semat dengan lidi.
  4. Kukus 25 menit diatas api sedang sampai matang.

Karena bungkusnya nggak besar-besar, bisa jadi 13 bungkus. Nikmati setelah masuk kulkas, enyak (katanya yang aku suruh nyicip) aku sih belum cobain hehe.

SONY DSC

SONY DSC

SONY DSC

 

 

21 thoughts on “Barongko Pisang

  1. Kaya lepet gitu gak si ini? Ah jadi mauu. Gara2 baca nagasari aku jad kepengen tapi nyari kemana daun pisang T_T

    1. masih lebih yum nagasari kayaknyaa.. ini aku juga belom nyobain sih tapi rasa pisang sekali nampaknya mba nisa

      bikin aja pake aluminium foil *apalah ini nagasari dalam alfoil :p

  2. Wahhh…ini kue wajib kalau sedang musim panen pisang.

    Barongko itu kue khas sulawesi, emang nikmat bgt kalau dimakan setelah didinginkan di kulkas. slurppp…
    Tapi, kebanyakan Ibu2 Rumah Tangga di sulawesi pisangnya di hancurkan di dalam wadah plastik, ditekan dengan gelas. Tujuannya untuk mempertahankan tekstur pisang supaya tetap kerasa, beda ama di blender.

    Numpang ngasih suggest juga ya buat yang ga punya daun pisang. Buat aja adonannya, nanti disimpen di pinggang tahan panas terus di kukus. jangan lupa tutup kukusannya dilapisin lap, biar air dari tutup kukusan ga ikut basahin adonan barongkonya. Wangi daun pisangnya yang khas pasti ilang, tapi lumayan buat re-memori panganan Indonesia.

    1. pasti ini orang sulawesi aslik hihi

      iya nih, sempet mikir kl diblender ngga ada serat2 pisang gitu. Tapi berhubung belum pernah nyoba yang asli jadi apa adanya gini, hihi.

      Huum, pilihan yang tersisa karena ga ada yang bisa menggantikan aroma daun pisang 😀

      1. iya mbak, aku asli sulawesi. Kapan2 kalau mau coba buat lagi cobain yang versi dihancurin pakai gelas mbak, kalau mau lebih legit telurnya di tambah lagi mbak. 🙂 Semoga menang di kompetesi food chalenge nya 😀

Kamu kayak lagi baca koran deh, di read doang. Komen dooonggg ^^